ANALISIS KESULITAN DALAM PEMBELAJARAN PENJAS KELAS TUNAGRAHITA SLB NEGERI TAMANWINANGUN KECAMATAN KEBUMEN ANALYSIS OF DIFFICULTY LEARNING ACTIVITIES IN MENTALLY DISABLED CLASS SLB N TAMANWINANGUN
Sugeng Purwanto, , Indonesia
Abstract
Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan apa saja yang menjadi kesulitan kegiatan pembelajaran
penjas di kelas tunagrahita SLB Negeri Tamanwinangun.
Jenis penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif. Subyek penelitian ini adalah siswa kelas
tunagrahita SLB Negeri Tamanwinangun sebanyak 118 siswa dengan narasumber yang terdiri dari guru penjas dan
siswa dengan menggunakan teknik purposive. Teknik pengumpulan data menggunakan wawancara, observasi dan
dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah reduksi data, penyajian data, dan
penarikan kesimpulan data. Uji keabsahan data menggunakan teknik triangulasi sumber dan triangulasi teknik.
Hasil penelitian menunjukan bahwa ada faktor dominan yang menjadi penyebab kesulitan dalam
pembelajaran penjas kelas tunagrahita di SLB Negeri Tamanwinangun. Faktor tersebut antara lain intelegensi
siswa, perhatian, metode mengajar, dan relasi antara siswa dengan siswa. Keempat faktor tersebut berdampak pada
ketercapaian tujuan pembelajaran yang dilakukan guru di sekolah.
Kata kunci: pembelajaran penjas, kelas tunagrahita, Sekolah Luar Biasa.
Abstract
This reasearch is aimed to describe what are the difficulties of learning activities physical education in the
classroom of mentally disabled SLB N Tamanwinangun.
This type of research used a qualitative approach. The subjects of this study were 118 students of the
mentally disabled SLB N Tamanwinangun with resource persons consisting of teacher and students used purposive
technique. Data collection was done by interview, observation and documentation. Data analysis techniques used
in this research was data reduction, data presentation, and data withdrawal. Test data validity used source
triangulation techniques and triangulation techniques.
The results showed that there was a dominant factor that cause of difficulties in the learning of class
mentally disabled in SLB N Tamanwinangun. These factors include student intelligence, attention, teaching
methods, and relationships between students and students. These four factors have an impact on the achievement of
learning objectives by teachers in schools.
Keywords: difficulties of learning activities, physical education, mentally disable.
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan apa saja yang menjadi kesulitan kegiatan pembelajaran
penjas di kelas tunagrahita SLB Negeri Tamanwinangun.
Jenis penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif. Subyek penelitian ini adalah siswa kelas
tunagrahita SLB Negeri Tamanwinangun sebanyak 118 siswa dengan narasumber yang terdiri dari guru penjas dan
siswa dengan menggunakan teknik purposive. Teknik pengumpulan data menggunakan wawancara, observasi dan
dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah reduksi data, penyajian data, dan
penarikan kesimpulan data. Uji keabsahan data menggunakan teknik triangulasi sumber dan triangulasi teknik.
Hasil penelitian menunjukan bahwa ada faktor dominan yang menjadi penyebab kesulitan dalam
pembelajaran penjas kelas tunagrahita di SLB Negeri Tamanwinangun. Faktor tersebut antara lain intelegensi
siswa, perhatian, metode mengajar, dan relasi antara siswa dengan siswa. Keempat faktor tersebut berdampak pada
ketercapaian tujuan pembelajaran yang dilakukan guru di sekolah.
Kata kunci: pembelajaran penjas, kelas tunagrahita, Sekolah Luar Biasa.
Abstract
This reasearch is aimed to describe what are the difficulties of learning activities physical education in the
classroom of mentally disabled SLB N Tamanwinangun.
This type of research used a qualitative approach. The subjects of this study were 118 students of the
mentally disabled SLB N Tamanwinangun with resource persons consisting of teacher and students used purposive
technique. Data collection was done by interview, observation and documentation. Data analysis techniques used
in this research was data reduction, data presentation, and data withdrawal. Test data validity used source
triangulation techniques and triangulation techniques.
The results showed that there was a dominant factor that cause of difficulties in the learning of class
mentally disabled in SLB N Tamanwinangun. These factors include student intelligence, attention, teaching
methods, and relationships between students and students. These four factors have an impact on the achievement of
learning objectives by teachers in schools.
Keywords: difficulties of learning activities, physical education, mentally disable.
Full Text:
PDFRefbacks
- There are currently no refbacks.