PELAKSANAAN 7K (KEAMANAN, KEBERSIHAN, KEKELUARGAAN, KEIMANAN, KERINDANGAN, KERAPIAN DAN KEINDAHAN) SISWA KELAS V DI SEKOLAH DASAR NEGERI SEKECAMATAN SEYEGAN KABUPATEN SLEMAN

Dimas Gandadara, , Indonesia
Ahmad Rithaudin, , Indonesia

Abstract


Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tinggi dan rendah dari pelaksanaan 7K (Keamanan,
Kebersihan, Kekeluargaan, Keimanan, Kerindangan, Kerapian, dan Keindahan) siswa kelas V di
Sekolah Dasar negeri se-Kecamatan Seyegan Kabupaten Sleman. Metode penelitian yang digunakan
adalah penelitian deskriptif kuantitatif. Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian deskriptif
kuantitatif. Desain penelitian yang digunakan adalah angket tertutup sebagai instrumen primer
pengumpulan data. Populasi penelitian adalah siswa kelas V yang berada di sekolah dasar negeri se
kecamatan seyegan yang mempunyai akreditasi A sebanyak 287 siswa. Ukuran sampel penelitian
sebanyak 101 siswa yang ditentukan dengan rumus Purposive Sampling. Teknik analisis data yang
digunakan adalah analisis deskriptif dengan presentase. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa
pelaksanaan 7K oleh siswa kelas V di Sekolah Dasar Negeri se-Kecamatan Seyegan, Kabupaten
Sleman memperoleh nilai dengan kategori: (1) Sangat Baik sebanyak 72,28%, (2) Baik sebanyak
24,75%, (3) Cukup sebanyak 2,97%, (4) kurang sebanyak 0%, (5) kurang sekali sebanyak 0%.  

Kata kunci : 7K (Keamanan, Kebersihan, Kekeluargaan, Keimanan, Kerindangan, Kerapian,
dan Keindahan)     
 
Abstract
 
This research is conducted to identify the level of 7K (Keamanan, Kebersihan, Kekeluargaan,
Keimanan, Kerindangan, Kerapian, dan Keindahan) application on fifth year of elementary public
schools students in Seyegan, Sleman. The research method is descriptive quantitative research. The
research method is descriptive quantitative research. The research design is enclosed questionnaire
as data gathering main instrument. The research target is the fifth year of elementary public schools
students in the entire Seyegan with A accreditation that involves 287 students. The research sample
measuring is 101 students as determined with Purposive Sampling formula. Data analysis technique
is descriptive analysis with percentage. The result of this research shows that the application of 7K on
fifth year of elementary public schools in Seyegan, Sleman acquire scores in these categories: (1)
Very good, to the tune of 72.28%, (2) Good, to the tune of 24.75%, (3) Average, to the tune of 2.97%,
(4) Below average, to the tune of 0%, and (5) Poor, to the tune of 0%.  

Keywords: 7K (Keamanan, Kebersihan, Kekeluargaan, Keimanan, Kerindangan, Kerapian,
dan Keindahan)  


Refbacks

  • There are currently no refbacks.