HAMBATAN MAHASISWA PGSD PENJAS KAMPUS WATES KELAS C TAHUN ANGKATAN 2014 DALAM PELAKSANAAN PRAKTIK LAPANGAN TERBIMBING (PLT)

Bagus Putra Pradana, , Indonesia
Hamid Anwar, , Indonesia

Abstract


ABSTRAK
 
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apa yang menjadi hambatan Mahasiswa PGSD Penjas
Kampus Wates Kelas C Tahun Angkatan 2014 dalam Pelaksanaan Praktik Lapangan Terbimbing (PLT).
Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif. Teknik pengumpulam data menggunakan teknik
wawancara terstuktur. Subjek dalam penelitian ini adalah 6 mahasiswa PGSD Penjas Kampus Wates Kelas C
Tahun Angkatan 2014 yang mengikuti Praktik Lapangan Terbimbing (PLT) dan 5 guru penjas Sekolah
Dasar yang digunakan sebagai lokasi PLT. Teknik dalam pengambilan subjek dalam penelitian ini
menggunakan purposive sampling.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa yang menjadi hambatan mahasiswa PGSD Penjas Kampus
Wates Kelas C Tahun Angkatan 2014 dalam pelaksanaan Praktik Lapangan Terbimbing (PLT) meliputi: (1)
Siswa, mahasiswa PLT seringkali kesulitan menghadapi siswa yang kurang kooperatif; (2) Pengelolaan
Kelas, mahasiswa PLT seringkali kesulitan dalam hal mengkondisikan siswa dalam beberapa kelompok; (3)
Perencanaan Pembelajaran, mahasiswa PLT harus menyesuaikan RPP dengan RPP versi sekolah; (4) Alat
Pelajaran, kelengkapan dan tata kelola alat pelajaran masih menjadi masalah yang perlu diperhatikan; (5)
Materi, siswa akan memperhatikan jika materi yang disampaikan mahasiswa PLT sesuai dengan keinginan
siswa; dan (6) Metode Mengajar, masih terdapat siswa yang tidak aktif dan harus menunggu dalam kegiatan
pembelajaran.

Kata kunci: hambatan, praktik lapangan terbimbing


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.