PERAN GURU PENJAS DALAM MEMBANGUN KARAKTER PESERTA DIDIK DI SD NEGERI KRATON YOGYAKARTA

Moh Fadlil Lukman Maulana,

Abstract


ABSTRAK
 Penelitian ini bertujuan untuk menemukan dan memahami bentuk peranan guru penjas dalam
membangun karakter, mengidentifikasi mengenai keaktifan dan kepedulian guru terhadap
pembentukan karakter peserta didiknya, mengetahui seberapa besar peranan guru penjas dalam
pembentukan karakter peserta didik.
 Penelitian ini merupakan penelitian kualitaif. Pemilihan subjek menggunakan purposive
sampling. Subjek penelitian dalam penelitian ini adalah guru penjas di SD N Kraton Yogyakarta,
selain itu, terdapat juga informan pelaku dan informan tahu yang terdiri dari Kepala Sekolah, guru
kelas 3, dan satu peserta didik. Alat pengumpul data menggunakan wawancara dan Focus Group
Discussion (FGD), analisis data berbentuk data verbatim, kemudian dilakukan bracketing, lalu
membuat daftar horizonalization, dan meaning units, setelah itu membuat deskripsi teksturalstruktural.

Validitas hasil penelitian dilakukan dengan menggunakan member check dan
intersubjective validity
 Hasil menunjukkan bahwa peran guru penjas dalam membangun karakter peserta didiknya
sudah terlaksana dengan baik dalam pembelajaran maupun di luar jam pelajaran. Bagi para peserta
didik, guru penjas mampu menunjukkan keteladanannya seperti disiplin dengan datang di sekolah
lebih awal, memotivasi peserta didik dengan memberikan apresiasi maupun hukuman yang
membangun, selain itu guru penjas juga dapat menginspirasi baik peserta didik maupun rekan guru
lainnya untuk memperbaiki diri sendiri agar memiliki karakter yang baik dalam bertutur kata dan
bertingkah laku. Serta guru penjas juga berperan aktif dalam menanamkan pendidikan karakter. Lalu
guru penjas juga melakukan evaluasi di akhir maupun di luar pembelajaran dengan melakukan
pembiasaan pada peserta didik untuk memiliki rasa tanggung jawab. Hal tersebut memberi manfaat
positif bagi lingkungan sekolah di SD N Kraton Yogyakarta, sehingga dapat terciptanya peserta didik
yang berkarakter.
Kata kunci: peran guru penjas, membangun karakter, peserta didik,  SD N Kraton Yogyakarta
ABSTRACT
This research aims at finding and understanding the role of physical education teacher in
building character, identifying teacher’s activeness and concern of the students’ character building,
discovering the frequency of teacher’s role in building students’ character.
The researcher used the qualitative research. The subject of the research was revealed by using
purposive sampling. The research subjects consisted of physical education teachers of SD N Kraton
Yogyakarta, and also there were any other subjects consisted of Headmaster, third grade teachers, and
a student.  The method of collecting data were interview and Focus Group Discussion (FGD). The data
analysis technique used verbatim data. After analyzing the data, the researcher did the data bracketing
and continued by horizonalization and meaning units. The researcher made textural-structural
description of the data. The result data were validated using member check and intersubjective
validity.
The result of the research showed that the role of physical education teacher in building
students’ character has been done properly inside or outside the learning process. For students,
physical education teachers are capable to show their competency like discipline in shcool schedules,
motivate students by giving appreciation or bulding punishment. On the other hand, physical
education teacher inspires both students and other teachers in developing their personality to build
good manner and attitude. Physical education teacher also has an active role in building character education. The last but not least, physical education teacher has a competency to evaluate the learning
process by doing a habituation in cultivating responsibility. Those competencies provide advantages
for school environment in SD N Kraton Yogyakarta, so that the characteristic of students formed.
Keywords: the role of physical education teacher, character building, students,  SD N Kraton
Yogyakarta

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.