PENGEMBANGAN BUKU SAKU KARATE SEBAGAI SUMBER BELAJAR BAGI PESERTA EKSTRAKURIKULER KARATE DI MADRASAH IBTIDAIYAH HUSNAYAIN TEMPEL

Rr. Diah Nisita Rukmi,

Abstract



Abstrak  
Penelitian ini bertujuan untuk membuat buku saku karate sebagai sumber belajar untuk siswa
SD.Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan. Subjek penelitian ini terdiri dari 70
peserta ekstrakurikuler dengan pengambilan sampel sebanyak 30 peserta ekstrakurikuler
Madrasah Ibtidaiyah Husnayain Tempel. Teknik pengumpuln data yang digunakan dalam
penelitian ini dengan menggunakan instrumen berupa angket. Teknik analisis data dalam
penelitian ini adalah deskriptif kualitatif dan deskriptif kuantitatif persentase.Hasil penelitian
menunjukkan bahwa buku saku teknik dasar karate sebagai sumber belajar bagi siswa SD
adalah layak. Hasil tersebut diperoleh dari validasi a) ahli materi sebesar 87,5% atau layak; b)
ahli media sebesar 81,65% atau layak; c) respon siswa uji coba lapangan dari segi materi
sebesar 93,3% atau layak, Segi desain buku saku sebesar 95% atau layak dan skor maskimal
94,17 % atau layak. Dengan demikian kesimpulan bahwa buku saku karate telah dinyatakan
layak untuk digunakan sebagai sumber belajar bagi siswa SD.

Kata Kunci : Media Pembelajaran, Buku Saku Karate, Teknik Dasar Karate, Siswa SD
Abstract
The research intends to create karate pocket book as a learning source for elementary
students. This research is a development research. The subjects of the research consist of 70
extracurricular participants with the sampling of 30 extracurricular participants in Madrasah
Ibtidaiyah Husnayain Tempel. The data collecting technique used in this research is by using
instrument in the form of questionnaire. The data analysis technique of this research is
descriptive qualitative and descriptive quantitative in percentage. The result of research
indicates that the basic technique karate pocket book as learning source for elementary
student is feasible. The results are obtained from validation of a) material experts of 87.5% or
eligible; b) media expert of 81.65% or eligible; c) the field test students' response is 93.3% or
eligible, the design side of the pocket book is 95% or decent and the maximum score is
94.17% or eligible. Thus, the conclusion is that the karate pocket book has been proven
eligible to be used as a learning source for elementary school students.
 
Keywords: Learning Media, Pocket Book Karate, Karate Basic Techniques, Students



Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.