IMPLEMENTASI PENDEKATAN SAINTIFIK DALAM MENGEMBANGKAN KECERDASAN NATURALIS ANAK USIA 5-6 TAHUN DI TAMAN ANAK SANGGAR ANAK ALAM (TA SALAM) NITIPRAYAN KASIHAN BANTUL

Shinta Annisa,

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan implementasi pendekatan saintifik dalam mengembangkan kecerdasan naturalis anak usia 5-6 tahun di Taman Anak Sanggar Anak Alam (TA SALAM) yang meliputi perencanaan, pelaksanaan, penilaian pembelajaran, perilaku kecerdasan naturalis yang muncul pada anak, faktor pendukung dan faktor penghambat serta upaya mengatasinya. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian kualitatif. Subjek penelitian adalah anak usia 5-6 tahun berjumlah 11 anak yang terdiri dari 6 anak laki-laki dan 5 anak perempuan, 5 guru kelas, dan 1 ketua Proses Kegiatan Belajar Mengajar (PKBM). Pengumpulan data dilakukan dengan teknik observasi, wawancara, dan dokumentasi. Instrumen peneliti yang digunakan yaitu pedoman observasi, pedoman wawancara, dan pedoman dokumentasi. Data yang terkumpul dianalisis secara deskripsi kualitatif menggunakan model analisis interaktif. Uji keabsahan data dilakukan dengan triangulasi sumber dan teknik. Hasil penelitian menunjukkan bahwa fasilitator sudah melaksanakan pembelajaran saintifik, dari 8 kegiatan saintifik yang terlaksana, ada 5 kegiatan yang sudah memenuhi kegiatan saintifik dan ada 3 kegiatan yang belum memenuhi kegiatan saintifik. Terdapat 18 indikator kecerdasan naturalis dan ada 10 kecerdasan naturalis anak usia 5-6 tahun yang muncul ketika kegiatan pembelajaran berlangsung.

 

Kata kunci: pendekatan saintifik, kecerdasan naturalis, anak 5-6 tahun


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.