PROSES PEMBELAJARAN MEMBACA PERMULAAN KELOMPOK B DI TK JOGJA GREEN SCHOOL
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui proses pembelajaran membaca permulaan Kelompok B di TK Jogja Green School. Adapun hal-hal yang diteliti antara lain perencanaan, pelaksanaaan, dan evaluasi pembelajaran membaca permulaan di TK Jogja Green School. Subjek penelitian ini adalah kepala sekolah, satu guru Kelompok B, dan anak-anak Kelompok B di TK Jogja Green School. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Instrumen utama dalam penelitian ini adalah peneliti sendiri dengan bantuan panduan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Data yang telah diperoleh dianalisis menggunakan model analisis data interaktif. Pengujian keabsahan dilakukan dengan triangulasi teknik. Hasil penelitian menunjukkan bahwa proses pembelajaran membaca permulaan Kelompok B di TK Jogja Green School terdiri dari tahapan perencanaan, pelaksanaan, dan evaluasi pembelajaran. Perencanaan pembelajaran disusun sesuai dengan tema sekolah dan memperhatikan situasi serta kondisi anak, guru, dan lingkungan belajar. Pelaksanaan pembelajaran membaca permulaan cenderung menggunakan model buttom up dengan kegiatan decoding atau mengeja. Evaluasi pembelajaran membaca permulaan dilaksanakan dengan review proses dan hasil pembelajaran. Proses kegiatan pembelajaran yang dilaksanakan cenderung menggunakan strategi direct reading thinking activity.
Kata kunci: pembelajaran, membaca permulaan, kelompok B.
Full Text:
PDFRefbacks
- There are currently no refbacks.