PENINGKATAN KETERAMPILAN MOTORIK HALUS ANAK MELALUI KEGIATAN MENGANYAM DENGAN BERBAGAI MEDIA PADA KELOMPOK A2
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan keterampilan motorik halus melalui kegiatan menganyam dengan berbagai media pada Kelompok A2 TK Sultan Agung Ngaglik, Sleman. Penelitian ini dilatarbelakangi oleh kurangnya keterampilan motorik halus anak, yang masih memerlukan banyak stimulasi agar keterampilan anak dapat meningkat sesuai dengan laju perkembangan usia anak seharusnya.Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas Kolaboratif dengan menggunakan model penelitian dari Kemmis dan Tagart. Metode pengumpulan data yang digunakan yaitu observasi, sedangkan instrumen penelitian yaitu pedoman observasi berupa check list dan teknik analisis data menggunakan teknik analisis deskriptif kualitatif dan kuantitatif. Keterampilan motorik halus meningkat dengan adanya pengulangan-pengulangan dalam melakukan kegiatan menganyam dan adanya pembaharuan media dengan bentuk sesuai tema. Hal ini ditunjukkan dengan kondisi awal atau Pratindakan keterampilan motorik halus anak sebesar 32,95%, pada Siklus I sebesar 60,23% dengan peningkatan 27,28%, dan pada Siklus II sebesar 81,31%.
Kata Kunci: keterampilan motorik halus, kegiatan menganyam, Anak Kelompok A2
Full Text:
PDFRefbacks
- There are currently no refbacks.