PENGEMBANGAN MULTIMEDIA “M-PIPED” UNTUK PENGETAHUAN EMOSI DIRI PADA ANAK TK KELOMPOK B

Arum Sari,

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan multimedia “M-PIPED” yang layak untuk pengetahuan emosi diri anak TK Kelompok B. Kelayakan multimedia pembelajaran dalam hal ini ditinjau dari aspek edukatif, aspek estetika, dan aspek teknis. Penelitian ini merupakan penelitian dan pengembangan dengan mengacu pada langkah-langkah yang telah diadaptasi dan dimodifikasi sesuai dengan kebutuhan peneliti. Langkah yang ditempuh dalam penelitian dan pengembangan ini yaitu (1) potensi dan masalah, (2) pengumpulan data, (3) desain produk, (4) validasi desain, (5) revisi desain,

 

(6)   uji coba produk, dan (7) revisi produk. Subjek uji coba penelitian ini adalah anak Kelompok B2 TK ABA Gedong Kiwo, Mantrijeron, Yogyakarta yang berjumlah 18 anak. Teknik pengumpulan data dengan menggunakan observasi, wawancara, dokumentasi, dan angket. Hasil penelitian menunjukkan penilaian dari ahli materi memperoleh rata-rata skor 4,65 dengan kriteria sangat baik dan penilaian ahli media mendapatkan rata-rata skor 4,55 dengan kriteria sangat baik. Hasil penilaian uji coba produk oleh guru memperoleh persentase 100% dengan kriteria sangat layak dan penilaian oleh anak memperoleh persentase 93% dengan kriteria sangat layak. Berdasarkan hasil penelitian, dapat disimpulkan bahwa secara keseluruhan multimedia “M-PIPED” sangat layak digunakan sebagai media untuk pengetahuan emosi anak TK Kelompok B.

 

Kata Kunci: media pembelajaran interaktif M-PIPED, pengetahuan emosi diri, anak TK Kelompok B


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.