PERBEDAAN KEMAMPUAN MEMBACA ANAK KELOMPOK B BERDASARKAN GENDER DI TK SE-KECAMATAN PUNDONG BANTUL

Dyah Uswatun,

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan kemampuan membaca pada anak Kelompok B berdasarkan gender di TK Se-Kecamatan Pundong Bantul. Metode penelitian yang digunakan yaitu survei. Hasil Penelitian menunjukkan bahwa kemampuan membaca anak Kelompok B di TK se-Kecamatan Pundong Bantul termasuk dalam kriteria Berkembang Sangat Baik (BSB) dengan rata-rata perolehan skor sebesar 15,87. Anak Kelompok B yang menjadi sampel dikategorikan berdasarkan empat kategori kurva normal, yaitu 6 anak (3,28%) termasuk pada kategori Belum Berkembang (BB), 32 anak (17,49%) termasuk ke dalam kategori Mulai Berkembang (MB), 53 anak (28,96%) termasuk ke dalam kategori Berkembang Sesuai Harapan (BSH), dan 92 anak (50,27%) termasuk ke dalam kategori Berkembang Sangat Baik (BSB). Hasil tes hipotesis Mann-Whitney kemampuan membaca menunjukkan bahwa perolehan nilai asymp. Sig (2-tailed) sebesar 0,008 dimana lebih kecil daripada angka significance level yang sebesar 0.05, maka  ditolak atau terdapat perbedaan kemampuan membaca pada anak Kelompok B berdasakan gender.

 

Kata kunci: kemampuan membaca, gender, anak TK kelompok B


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.