UPAYA MENINGKATKAN PERILAKU PROSOSIAL MELALUI MET] ODE PROYEK PADA ANAK KELOMPOK B1 TK ABA BROSOT I GALUR KULON PROGO DAERAH ISTIMEWA YOGYAKARTA
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan perilaku prososial melalui metode proyek pada anak Kelompok B1 TK ABA Brosot I, Galur, Kulon Progo, Daerah Istimewa Yogyakarta. Jenis penelitian yang digunakan Penelitian Tindakan Kelas menggunakan model Spiral dari Kemmis dan Mc Taggart. Subjek dalam penelitian ini anak kelompok B1 TK ABA Brosot I sebanyak 17 anak. Objek dalam penelitian ini perilaku prososial. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah observasi. Instrumen yang digunakan pedoman observasi. Teknik analisis data menggunakan deskriptif kuantitatif. Indikator keberhasilan yaitu 80% dari 17 anak mencapai kriteria Berkembang Sangat Baik (BSB). Perilaku prososial aspek berbagi mencapai 96%, berempati 95% dan bekerja sama 88%. Penelitian ini berhasil pada Siklus II karena memenuhi indikator keberhasilan yaitu 82%. Tahapan dalam upaya meningkatkan perilaku prososial yaitu: 1) anak dibagi ke dalam empat kelompok; 2) Siklus I diberikan variasi media menggunakan kertas manila; 3) Siklus II anak membuat hasil karya dari berbagai media; 4) anak diberi reward berupa pujian dan foto bersama.
Kata Kunci: perilaku prososial, metode proyek, anak kelompok B1
Full Text:
PDFRefbacks
- There are currently no refbacks.