MENINGKATKAN KEMAMPUAN MEMBACA PERMULAAN MELALUI MEDIA AUDIO VISUAL ANAK USIA 5-6 TAHUN DI TK PKK BENER KECAMATAN TEGALREJO

Galuh Yuliasih Condrosari,

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan membaca permulaan anak usia 5-6 tahun melalui media audio visual di TK PKK Bener, Tegalrejo, Yogyakarta. Penelitian ini menggunakan metode penelitian tindakan kelas. Penelitian dilaksanakan di kelas B1 dengan jumlah anak yang diikutsertakan dalam penelitian ini adalah 21 anak terdiri dari 13 anak perempuan dan 8 anak laki-laki. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini mengunakan observasi dan dokumentasi. Teknik analisis data dalam penelitian ini menggunakan kuantitatif. Aspek kemampuan membaca permulaan yang diteliti meliputi: 1) huruf (nama huruf-bunyi), 2) penggabungan huruf menjadi suku kata dan 3) menggabungkan suku kata menjadi kata. Berdasarkan hasil penelitian diperoleh hasil pembelajaran kemampuan membaca permulaan pada saat 40,9%, meningkat menjadi 56,4% pada Siklus I, dan mencapai 76,18% pada tindakan Siklus II.

 

 

Kata kunci: media, membaca permulaan, huruf, media audio visual


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.