UPAYA MENINGKATKAN KETERAMPILAN MOTORIK HALUS ANAK MELALUI BERMAIN KERTAS KOKORU PADA KELOMPOK B TK PEMBINA NANGGULAN KULON PROGO

Anisa Sofie Noviana,

Abstract


       Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan keterampilan motorik halus anak melalui bermain kertas Kokoru pada kelompok B TK Negeri Pembina Nanggulan Kulon Progo. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas, dengan subjek penelitian berjumlah 12 anak. Objek penelitian ini adalah keterampilan motorik halus. Metode pengumpulan data yang digunakan observasi dan dokumentasi. Teknik analisis data deskriptif kuantitatif. Model penelitian menggunakan Kemmis dan Mc Taggart. Hasil penelitian menunjukkan bahwa keterampilan motorik halus anak dapat ditingkatkan melalui bermain kertas Kokoru. Hasil keterampilan motorik halus anak yang berada pada kriteria Sangat Baik pada Pratindakan sebesar 25 % atau 3 anak, mengalami peningkatan 25% menjadi 50% atau 6 anak pada Siklus I dan mengalami peningkatan 41,67% menjadi 91,67% atau 11 anak pada Siklus II. Penelitian ini dihentikan sampai Siklus II dikarenakan sudah memenuhi kriteria keberhasilan yaitu 81% dari 12 anak mencapai Kriteria Sangat Baik.

 

Kata kunci: keterampilan motorik halus, kertas Kokoru, anak


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.