PENINGKATAN KEMAMPUAN KERJASAMA MELALUI TEAM GAMES TOURNAMENT DI TAMAN KANAK-KANAK

Fitri Uswatun Khasanah,

Abstract


Kemampuan kerjasama anak kelompok B TK PKK Combongan belum maksimal dikarenakan model pembelajaran yang digunakan bersifat individual. Berdasarkan pengamatan tersebut, penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan kerjasama melalui model pembelajaran kooperatif tipe Team Games Tournament (TGT). Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas bersifat kolaborasi dengan pendidik menggunakan model Kemmis dan Mc.Taggart. Penelitian  dilakukan pada bulan November 2016. Subjek penelitian 21 anak kelompok B usia 5-6 tahun di TK PKK Combongan terdiri 8 anak perempuan dan 13 anak laki-laki. Objek penelitian adalah peningkatan kerjasama melalui model pembelajaran kooperatif tipe TGT. Metode pengumpulan data dengan observasi. Teknik analisis data menggunakan deskriptif kuantitatif dan kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan  kemampuan kerjasama mengalami peningkatan dalam dua Siklus. Persentase kemampuan kerjasama pada indikator bergabung dengan kelompok saat Pra Tindakan 38,09% meningkat menjadi 85,71%. Indikator tanggung jawab menyelesaikan tugas saat Pra Tindakan 23,80%  menjadi 90,47%. Indikator tolong-menolong saat Pra Tindakan 28,57% menjadi 76,19%. Indikator mau berbagi saat Pra Tindakan 33,33% menjadi 90,47% pada akhir Siklus.

 

Kata kunci : kerjasama, team games tournament


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.