PENINGKATAN KETERAMPILAN MOTORIK HALUS MELALUI KEGIATAN MELIPAT KERTAS ANAK KELOMPOK B1 TK TUNAS MEKAR
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan keterampilan motorik halus melalui kegiatan melipat kertas pada anak Kelompok B1 TK Tunas Mekar Nogotirto Gamping Sleman Yogyakarta. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas Kolaboratif . Subjek penelitian ini berjumlah 27 anak, diantaranya 11 anak laki-laki dan 16 anak perempuan. Sedangkan Objek dalam penelitian ini adalah keterampilan motorik halus melalui kegiatan melipat kertas. Metode pengumpulan data yang digunakan yaitu observasi dan dokumentasi, sedangkan pedoman penelitian yaitu pedoman observasi berupa check list dan tekhnik analisis data menggunakan tekhnik analisis dekriptif kualitatif dan kuantitatif. Indikator keberhasilan dalam penelitian ini adalah apabila anak yang berkategori Berkembang Sangat Baik sebanyak ≥76%. Hasil penelitian menunjukkan keterampilan motorik halus dapat ditingkatkan melalui kegiatan melipat kertas dengan langkah-langkah: 1) penjelasan langkah-langkah lebih jelas dan diulang-ulang, 2) menyiapkan alat peraga yang lebih rinci untuk ditempel di papan tulis, 3) pemberian reward. Hal ini ditunjukkan dengan kondisi awal saat pra tindakan keterampilan motorik halus anak pada kategori Berkembang Sangat Baik sebanyak 22,22% meningkat pada Siklus I menjadi sebanyak 25,93%, dilanjutkan lagi pada Siklus II menjadi 81,48%.
Kata kunci: keterampilan motorik halus, kegiatan melipat kertas
Full Text:
PDFRefbacks
- There are currently no refbacks.