DESKRIPSI KEDISIPLINAN ANAK USIA 5-6 TAHUN DI KB/TK PEDAGOGIA

Suci Lukitasari,

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui faktor-faktor yang memengaruhi kedisiplinan anak, faktor pendukung dan faktor penghambat pembiasaaan kedisiplinan anak di KB/TK Pedagogia. Mengetahui solusi mengatasi faktor penghambat kedisiplinan di KB/TK Pedagogia, pembiasaan kedisiplinan anak, dan mendeskripsikan kedisiplinan anak usia 5-6 tahun di KB/TK Pedagogia. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan metode deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa faktor-faktor yang memengaruhi kedisiplinan anak di KB/TK Pedagogia adalah konsistensi, pijakan, reward dan punishment, pemahaman anak akan peraturan, pendidikan orang tua, status sosial ekonomi, dan keluarga. Faktor pendukung pembiasaan kedisiplinan anak di KB/TK Pedagogia adalah hukuman, sedangkan faktor penghambat pembiasaan kedisiplinan adalah konsistensi. Untuk mengatasi faktor penghambat guru melakukan parenting, support group media sosial, dan komunikasi secara langsung dengan orang tua. Pembiasaan disiplin di KB/TK Pedagogia adalah disiplin demokratis dan disiplin otoriter. Anak-anak di KB/TK Pedagogia sudah disiplin baik dalam hal menaati peraturan dan tata tertib, mengatur waktu ataupun pengendalian diri.

 

Kata kunci: kedisiplinan, pembiasaan, faktor disiplin


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.