PENERAPAN LIVING VALUES EDUCATION PROGRAM (LVEP) DI RA TIARA CHANDRA, KECAMATAN SEWON, KABUPATEN BANTUL, YOGYAKARTA

Dhiah Intan Permataputri,

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penerapan Living Values Education Program (LVEP) di RA Tiara Chandra. Penelitian ini merupakan penelitian studi kasus dengan pendekatan kualitatif. Subjek  adalah RA Tiara Chandra dengan narasumber penelitian yaitu kepala sekolah, guru, anak, dan orang tua. Metode pengumpulan data menggunakan wawancara, observasi, dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan model analisis interaktif Miles & Huberman. Teknik keabsahan data menggunakan ketekunan pengamatan, dan triangulasi sumber serta metode. Hasil penelitian menunjukkan bahwa alasan RA Tiara Chandra menjadikan LVEP sebagai program unggulan adalah dianggap sebagai upaya perbaikan kualitas pendidikan nilai dalam pendidikan Indonesia. Penerapan LVEP melibatkan seluruh masyarakat sekolah meliputi kepala sekolah, guru, dan petugas sekolah. Penerapan LVEP dalam intrakurikuler dilakukan pada saat kegiatan belajar mengajar di sekolah. Pada kegiatan ekstrakurikuler penerapan LVEP lebih ditekankan pada kegiatan melukis, tari, iqro, dan kegiatan drumband. Faktor pendukung adalah adanya dukungan positif dari pemerintah, sekolah, guru, orangtua, siswa, dan sarana sekolah. Faktor penghambat adalah kebiasaan keluarga yang kurang konsisten dalam menerapkan LVEP di rumah.

       

Kata Kunci: penerapan, living values education program (LVEP)


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.