PENERAPAN ASPEK PERKEMBANGAN ANAK USIA DINI DALAM MEDIA MACCA (BALOK SUSUN INTERAKTIF)
Abstract
Aspek perkembangan anak menjadi tujuan yang utama dalam pendidikan anak usia dini. Aspek tersebut dapat dikembangkan melalui kegiatan pembelajaran dengan menggunakan Media Macca. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui aspek perkembangan yang dapat dikembangkan oleh Media Macca pada anak TK ABA Notoprajan Yogyajarta. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian analisis konten. Subjek penelitian ini adalah siswa kelompok B TK ABA Notoprajan berjumlah 30 anak yang terdiri dari 18 anak perempuan dan 12 anak laki-laki, obyek penelitian ini adalah Media Macca. Data penelitian diperoleh melalui observasi dan dokumentasi. Analisis data dilakukakan secara deskriptif kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Media Macca dapat membantu mengembangkan aspek perkembangan: (1) fisik motorik dengan cara menggunakan koordinasi mata dan tangan dalam menyusun balok macca, (2) kognitif dengan cara menghitung jumlah balok yang ada, mengenal warna, mengenal ukuran serta mengenal bentuk-bentuk geometri, (3) bahasa dan bicara dengan cara menambah perbendaharaan kosa kata melalui komunikasi dengan teman atau pun dengan guru, (4) sosial emosional dengan cara menunjukkan ekspresi emosinya, sikap gigih serta bangga terhadap hasil karyanya dengan membuat berbagai macam baangunan atau bahkan menciptakan obyek baru sesuai dengan imajinasi dan kreativitas anak, namun Media Macca belum optimal dalam mengembangkan sikap kooperatif dan sikap toleransi, (5) Nilai agama dan moral dengan cara menyusun balok menjadi bentuk bangunan tempat ibadah, sehingga anak dapat mengenal agama yang dianutnya.
Kata kunci: media macca, aspek perkembangan anak
Full Text:
PDFRefbacks
- There are currently no refbacks.