PENINGKATAN PERCAYA DIRI MELALUI PERMAINAN ULAR TANGGA EDUKATIF PADA ANAK KELOMPOK B RA KRAPYAK

Astriyani Nur Fadilah,

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan percaya diri melalui permainan ular tangga edukatif pada anak kelompok B RA Krapyak. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas kolaboratif. Subjek penelitian ini adalah anak kelompok B RA Krapyak yang berjumlah 26 anak. Pengumpulan data dilakukan melalui observasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah deskriptif kualitatif dan kuantitatif. Penelitian menunjukkan bahwa percaya diri dapat ditingkatkan  melalui permainan ular tangga edukatif dengan cara anak dibiasakan tampil di depan kelas mengerjakan tugas dan menunjukkan kemampuannya di hadapan guru serta teman-temannya. Reward atau penguatan diberikan kepada anak yang berhasil menyelesaikan tugas. Peningkatan percaya diri anak dapat dilihat pada pra tindakan  kriteria berkembang sesuai harapan (BSH) dan berkembang sangat baik (BSB) mencapai 42,3% (11 anak), pada pasca Siklus I meningkat menjadi 65,37% (17 anak) dan pada pasca Siklus II meningkat menjadi 88,45% (23 anak).

Kata kunci: percaya diri, permainan ular tangga edukatif


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.