PENINGKATAN KETERAMPILAN MOTORIK HALUS MELALUI KEGIATAN FINGER PAINTING PADA KELOMPOK B1 TK ABA GAMBRENGAN
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan keterampilan motorik halus melalui kegiatan finger painting pada anak kelompok B1 di TK ABA Gambrengan, Srandakan, Bantul, Yogyakarta. Penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas kolaboratif. Subjek penelitian ini adalah anak kelompok usia 5-6 tahun TK ABA Gambrengan yang berjumlah 15 anak. Metode pengumpulan data menggunakan observasi. Teknik yang digunakan untuk analisis data ialah deskriptif kualitatif dan kuantitatif. Berdasarkan hasil pembahasan, dapat disimpulkan bahwa keterampilan motorik halus anak dapat ditingkatkan melalui kegiatan finger painting. Peningkatan keterampilan motorik halus dilakukan melalui penyediaan bubur warna yang berwarna-warni dengan warna yang disukai anak, agar anak tertarik mengikuti kegiatan finger painting, dan pengulangan kembali pemberian contoh agar anak lebih mengerti dan menguasai kegiatan finger painting. Rata-rata pencapaian jumlah anak yang memiliki keterampilan motorik halus saat pra tindakan berada pada kriteria mulai berkembang (46,11%). Setelah dilakukan tindakan pada Siklus I sampai Siklus II terjadi peningkatan menjadi 81,48%.
Full Text:
PDFRefbacks
- There are currently no refbacks.