PEMBELAJARAN KARAKTER ANAK USIA 5-6 TAHUN DI TK BINA ANAK ISLAM KRAPYAK SEWON BANTUL
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan pembelajaran karakter anak usia 5-6 di TK BAIK. Jenis penelitian yang digunakan adalah deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Subjek penelitian adalah kepala sekolah, dua guru kelas Kelompok B, dan 60 anak Kelompok B di TK BAIK. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara, dan dokumentasi. Instrumen penelitian ini adalah pedoman observasi, wawancara, dan dokumentasi. Data dianalisis menggunakan model analisis interaktif. Data-data hasil penelitian diuji kembali keabsahannya dengan menggunakan triangulasi sumber dan metode. Hasil penelitian ini menunjukkan: 1) Nilai-niai karakter yang dikembangkan didasari oleh nilai kemandirian dan nilai keagamaan, 2) Perencanaan pembelajaran dengan memasukkan nilai-nilai karakter ke dalam muatan kurikulum, 3) Pelaksanaan pembelajaran karakter dalam kegiatan pembelajaran dan pembiasaan, 4) Penilaian dengan menggunakan observasi, catatan anekdotal, portofolio dan penilaian periodik, 5) Faktor pendukung pembelajaran karakter yaitu adanya kurikulum KTSP yang memuat nilai karakter, adanya komitmen sekolah dalam melaksanakan pembelajaran karakter, dan adanya sarana dan prasarana yang mendukung pembelajaran karakter. Sedangkan faktor penghambat pembelajaran karakter yaitu adanya latihan pementasan tutup tahun yang menghambat pembelajaran, adanya karakteristik peserta didik yang berbeda-beda, dan adanya pola asuh orangtua yang temperamental; dan 6) Cara mengatasi faktor penghambat yaitu dengan mengatur waktu antara latihan pementasan dan pembelajaran agar kegiatan latihan dan pembelajaran tetap berjalan secara optimal, mengadakan komunikasi antara guru-guru dan orangtua dalam mengatasi permasalahan anak, mendatangkan psikolog ke sekolah, dan pendidik terus belajar dari berbagai sumber dan selalu terbuka akan informasi.
Kata kunci: pembelajaran karakter, studi deskriptif, anak usia 5-6 tahun
Full Text:
PDFRefbacks
- There are currently no refbacks.