PENGARUH METODE SHOW AND TELL TERHADAP KEMAMPUAN BERBICARA ANAK KELOMPOK A DI TAMAN KANAK-KANAK
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh metode show and tell terhadap kemampuan berbicara anak usia dini di TK ABA Pantisiwi Bantul. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen dengan desain quasi eksperimen. Subjek penelitian ini adalah siswa kelompok A TK ABA Pantisiwi Bantul yang berjumlah 40 anak. Obyek penelitian ini adalah kemampuan berbicara. Teknik pengumpulan data dengan menggunakan metode observasi dan tes. Instrumen yang digunakan adalah dengan lembar observasi. Teknis analisis data yang digunakan adalah dengan menghitung mean pre-test dan mean post-test kelompok kontrol dan kelompok eksperimen. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa penerapan metode show and tell pada kelas eksperimen mempengaruhi kemampuan berbicara anak kelompok A TK ABA Pantisiwi Bantul. Hal ini dibuktikan dengan peningkatan mean pre-test dan mean post-test kelompok eksperimen yang meningkat dari 6,63 menjadi 8,47, sedangkan kelompok kontrol dari 6,76 menjadi 7,71. Peningkatan mean yang signifikan pada kelompok eksperimen berarti kemampuan berbicara anak meningkat dengan metode show and tell yang diterapkan.
Kata kunci: metode, show and tell, kemampuan berbicara.
Full Text:
PDFRefbacks
- There are currently no refbacks.