PENINGKATAN KEMAMPUAN BERCERITA ANAK MELALUI MEDIA PUZZLE PADA KELOMPOK A DI RA AL-HUSNA PAKUALAMAN

Devi Nurul Farida,

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan bercerita anak  dengan media puzzle  gambar pada kelompok A kelas An - Nur di RA Al – Husna, Pakualaman, Yogyakarta.  Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas kolaboratif. Subjek penelitian adalah anak Kelompok A yang berjumlah 17 anak. Penelitian ini dilakukan melalui media puzzle gambar  dengan model penelitian Spiral Kemmis dan Mc Taggart. Teknik pengumpulan data dalam penelitian menggunakan observasi dan dokumentasi.Adapun indikator keberhasilan dari penelitian ini jika 76% dari jumlah anak dapat bercerita. Hasil penelitian menunjukkan bahwa puzzle dapat digunkaan untuk meningkatkan kemampuan bercerita anak, hal ini dibuktikan dengan adanya peningkatan pada Siklus I sebesar 66,17% dan pada Siklus II dengan presentase 89,70%. Langkah-langkah yang dilakukan pada saat penelitian yaitu: a. Mengajak anak untuk mengambil puzzle yang disukai b. Mendengarkan satu persatu anak bercerita c. Melakukan tanya jawab mengenai puzzle yang diceritakan. Selain itu guru dapat memancing cerita anak dengan memberikan pertanyaan.

 

Kata kunci: kemampuan bercerita, puzzle, kelompok A


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.