KEMAMPUAN MENGGAMBAR ANAK TK B DI GUGUS MAWAR, KECAMATAN PITURUH, KABUPATEN PURWOREJO, JAWA TENGAH
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tingkat kemampuan menggambar anak di Taman Kanak-kanak (TK) pada kelompok B di gugus Mawar, Kec. Pituruh, Kab. Purworejo, Jawa Tengah. Kemampuan menggambar dalam penelitian ini difokuskan pada kemampuan anak menggambar bentuk dengan proporsional. Penelitian ini merupakan jenis penelitian deskriptif dengan pendekatan kuantitatif. Subjek penelitian sebanyak 68 anak yang diambil dari tiga TK di gugus Mawar. Teknik yang digunakan dalam pengumpulan data adalah observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis deskriptif kuantitatif dengan persentase. Hasil rata-rata skor persentase pada penelitian ini yaitu 37% anak mampu dan 67% anak tidak mampu. Berdasarkan hasil 37% anak yang mampu menggambar bentuk dengan proporsional, maka dapat disimpulkan bahwa kriteria kemampuan menggambar anak TK B di gugus Mawar, Kec. Pituruh, Kab. Purworejo, Jawa Tengah dalam kategori kurang mampu.
Kata kunci: kemampuan menggambar, tk kelompok b
Full Text:
PDFRefbacks
- There are currently no refbacks.