PENGARUH PENGGUNAAN MAZE ALUR TULIS TERHADAP KETERAMPILAN MOTORIK HALUS PADA ANAK TAMAN KANAK-KANAK

Ninda Febriana,

Abstract



Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penggunaan alat permainan edukatif maze alur tulis
terhadap keterampilan motorik halus pada anak Kelompok A TK ABA Janturan Umbulharjo Yogyakarta.
Penelitian ini merupakan penelitian quasi eksperimen yang menggunakan desain One- Group Pre-test and Post-test
dengan variabel terikat yaitu keterampilan motorik halus anak Kelompok A TK ABA Janturan Umbulharjo
Yogyakarta dan varibel bebas yaitu alat permainan edukatif maze alur tulis. Populasi penelitian adalah 19 anak
Kelompok A TK ABA Janturan Umbulharjo Yogyakarta. Metode pengumpulan data dalam penelitian ini
menggunakan observasi dan dokumentasi. Observasi yang dilakukan sebelum perlakuan disebut pre-test, dan
observasi sesudah perlakuan disebut post-test. Instrumen yang digunakan adalah check-list. Metode analisis data
menggunakan uji-t. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa penggunaan alat permainan edukatif maze alur tulis
memiliki pengaruh yang signifikan terhadap keterampilan motorik halus pada anak Kelompok A TK ABA Janturan
Umbulharjo Yogyakarta.
Kata kunci: maze alur tulis, keterampilan motorik halus, kelompok A
Abstract
This research was to know the effect of writing groove maze educative toys towards the fine motor skills on
Group A children TK ABA Janturan Umbulharjo Yogyakarta. The research used quasi experiment wich was One-
Group Pre-test and Post-test with the dependence variable was the fine motor skills on Group A children TK ABA
Janturan Umbulharjo Yogyakarta and independent variable was the writing groove maze educative toys. The
populations of this reasearch were 19 on Group A children TK ABA Janturan Umbulharjo Yogyakarta. This was
research gathering were observation and documentation. The observations were done before treatment is called
pre-test, and observation after treatment called post-test. The instrument that used in the research was cehck-list.
The data analyzing method used in the research was t-test. The result showed that there was a significant effect of
writing groove maze educative toys towards the fine motor skills on Group A children TK ABA Janturan
Umbulharjo Yogyakarta.
Keywords: writing groove of maze, fine motor skills, group A

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.