MENINGKATKAN KEMAMPUAN MENGENAL BENTUK-BENTUK GEOMETRI DATAR MELALUI PERMAINAN TRADISIONAL GOTRI LEGENDRI PADA ANAK KELAS B TK SUNAN KALIJOGO

Marlia Andriyani,

Abstract



Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan mengenal bentuk-bentuk geometri datar melalui
kegiatan permainan tradisional Gotri Legendri pada Kelompok B TK Sunan Kalijogo Cangkringan. Penelitian ini
menggunakan model Kemmis dan McTaggart. Subjek penelitian adalah anak didik kelompok B TK Sunan
Kalijogo yang berjumlah 19 anak. Objek penelitian ini adalah kemampuan mengenal bentuk-bentuk geometri.
Metode pengumpulan data yang digunakan adalah observasi. Instrumen yang digunakan adalah pedoman observasi.
Teknik analisis data dilakukan secara deskriptif kualitatif dan kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa
kegiatan bermain gotri legendri dapat meningkatkan kemampuan mengenal bentuk-bentuk geometri datar. Pada pra
penelitian indikator menyebutkan bentuk-bentuk geometri sebesar 26,32% dan pada indikator membentuk posisi
pola lantai sebesar 21,05%. Hasil ini meningkat pada Siklus I masing-masing menjadi 31,58% dan 26,32%. Pada
Siklus II masing –masing meningkat menjadi 89,47% dan 84,64%. Perolehan persentase pada Siklus II
menunjukkan bahwa kemampuan anak dalam menyebutkan bentuk-bentuk geometri datar anak Kelompok B
dengan kriteria sangat baik telah mencapai indikator keberhasilan sebesar 80% dan pelaksanaan penelitian
dihentikan.
Kata kunci: bentuk-bentuk geometri datar, permainan tradisional gotri legendri
Abstract
This study aims to improve the ability to determine geometric shapes through traditional games Gotri Legendri
in Group B Kindergarten Sunan Kalijogo Cangkringan. This study uses a model of Kemmis and McTaggart. The
subjects were students group B Kindergarten Sunan Kalijogo with a total of 19 children. The object of this
research is the ability to recognize geometric shapes. Data collection methods used were observation. The
instrument used is the observation guidelines. The data analysis technique conducted qualitative and quantitative
descriptive. The results showed that the activities of gotri legendri games can improve the ability to determine the
forms of flat geometry. At the pre-study the indicators of mentioned geometric shapes is 26.32% and the indicators
form a floor pattern position of 21.05%. This result increased in the first cycle respectively to 31.58% and 26.32%.
In Cycle II respectively increased to 89.47% and 84.64%. The percentages in Cycle II shows that children's ability
to determine flat geometric shapes of Group B children is including very well criteria and achieved the value of
80% success indicators and implementation of the study was discontinued.
Keywords: flat geometric shapes, traditional games gotri legendri

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.