MENINGKATKAN KECERDASAN INTERPERSONAL MELALUI METODE PROYEK PADA ANAK KELOMPOK B2 TK ABA PLUS AL FIRDAUS MANCASAN, PANDOWOHARJO, SLEMAN, DAERAH ISTIMEWA YOGYAKARTA
Abstract
Abstrak
Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan kecerdasan interpersonal anak melalui metode
proyek pada anak kelompok B2 TK ABA Plus Al Firdaus Mancasan, Pandowoharjo, Sleman, Daerah
Istimewa Yogyakarta. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian tindakan kelas secara
kolaboratif. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah metode observasi dan dokumentasi.
Instrumen penelitian yang digunakan adalah lembar observasi. Teknik analisis data menggunakan teknik
analisis deskriptif kuantitatif. Langkah-langkah yang ditempuh untuk meningkatkan kecerdasan
interpersonal anak yaitu: 1) Guru berdiskusi bersama anak untuk menentukan tema yang akan dipelajari
agar sesuai dengan minat anak, mempersiapkan pembagian kelompok dan membuat deskripsi tugas; 2)
Guru memberikan apersepsi, memberikan pengarahan untuk menggali informasi, dan memberi contoh
tugas proyek yang akan dibuat; 3) Guru mengumpulkan hasil proyek, anak diminta mempresentasikan
hasil proyek, membahas kegiatan proyek yang telah berlangsung dan pemberian reward.
Kata kunci: kecerdasan interpersonal, metode proyek, anak kelompok B
Abstract
The purpose of this study was to improve children's interpersonal intelligence through the project
method in group B2 of TK ABA Plus Al Firdaus Mancasan, Pandowoharjo, Sleman, Yogyakarta Special
Region. This type of research is a collaborative action research classroom. Subjects in this research were
kindergarten group B2. Collecting data in this study using the method of observation and documentation.
Data analysis in this research using descriptive analysis techniques of quantitatif. Research instrument
used is the observation sheet. Measures taken to improve children's interpersonal intelligence: 1)
Teachers discuss with to determine the themes that will be studied to fit the interests of the child,
preparing a division of the Group and make a description of the task; The teacher gave the apersepsi,
gave a briefing to dig up information, and gives examples of project that will be created; 3) Teacher
collects the results of the project, children were asked to present the results of the project, discuss project
activities that have been.
Keyword: the interpersonal intelligence, project method, children in group B2
Full Text:
PDFRefbacks
- There are currently no refbacks.