UPAYA MENINGKATKAN PERHATIAN ANAK MELALUI METODE BERCERITA DENGAN MEDIA BONEKA TANGAN PADA ANAK KELOMPOK A TK ABA JOGOYUDAN YOGYAKARTA

A Istiqomah,

Abstract



Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan perhatian anak dengan media boneka tangan di Kelompok A
TK ABA Jogoyudan. Alasan pemilihan media boneka tangan karena memiliki bentuk yang unik, corak dan motif
yang beragam sehingga dapat menarik perhatian anak. Jenis penelitian adalah penelitian tindakan kelas (PTK).
Subjek penelitian adalah anak Kelompok A semester 2 Tahun ajaran 2014/2015 yang berjumlah 15 anak terdiri
dari 9 laki-laki dan 6 perempuan. Metode pengumpulan data dengan observasi dan dokumentasi. Instrumen yang
digunakan berupa lembar observasi. Teknik Analisis data yang digunakan adalah deskriptif kuantitatif. Perhatian
anak pada Kelompok A dapat ditingkatkan dengan media boneka tangan dengan cara mengkondisikan anak,
memberitahu judul cerita, memperkenalkan boneka tangan sesuai tokoh dalam cerita, guru bercerita, dan pada
bagian akhir guru memberikan pertanyaan seputar cerita. Hasil penelitian menunjukkan perhatian anak pada
kriteria baik mengalami peningkatan setiap siklusnya. Pada pra siklus perhatian anak dengan kriteria baik hanya
sebesar 13,33 % (2 anak), kemudian pada siklus I meningkat mencapai 60 % (9 anak), dan pada siklus II
meningkat kembali hingga 93,33 % (14 anak).
Kata kunci: perhatian, media boneka tangan, kelompok A
Abstract
This research aims to improving children's attention through a hand puppet media in group A
kindergarten ABA Jogoyudan.. The reason for choosing a hand puppet media because it has a unique shape ,
patterns and motifs that varied so as to attract children attention. The type of the research is classroom action
research. The subjects from group A in second semester academic year 2014/2015 were 15 children consisting 9
male and 6 female. The method of collecting data used observation and documentation. The instrument used is
observation sheet. The technique of data analysis used quantitative descriptive. Children attention in group A can
be enhanced through a hand puppet media in a way to invite the children to sit, tell the title of the story,
introducing hand puppet media bassed on character of the story, then the teacher started to tell the story, and at
the end of the teacher asking the questions around the story. The results showed the children’s attention on both
criteria has increased each cycle. In the pre-cycle children's attention with good criterion only 13.33% (2
children), and then on the first cycle increased to 60% (9 children), and the second cycle is more increased until
93.33% (14 children).
Keywords: attention, hand puppet media, group A

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.