IDENTIFIKASI KECERDASAN INTERPERSONAL ANAK USIA 4-5 TAHUN DI TK GUGUS SIDO MUKTI KECAMATAN MANTRIJERON KOTA YOGYAKARTA

Candra Wikan Rahmawati,

Abstract



Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi sejauh mana perkembangan kecerdasan interpersonal anak
usia 4-5 tahun di TK Gugus Sido Mukti Kecamatan Mantrijeron Kota Yogyakarta. Penelitian ini merupakan jenis
penelitian survey dengan pendekatan deskriptif kuantitatif. Subjek penelitian ini adalah anak Kelompok A di TK
Gugus Sido Mukti Kecamatan Mantrijeron Kota Yogyakarta yang berjumlah 92 anak. Objek penelitian ini yaitu
kecerdasan interpersonal. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah angket (questionnaire) dan observasi.
Instrumen dalam penelitian ini berupa angket tertutup dan lembar observasi (check list). Analisis data
menggunakan teknik analisis deskriptif kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kecerdasan interpersonal
anak usia 4-5 tahun di TK Gugus Sido Mukti Kecamatan Mantrijeron Kota Yogyakarta termasuk dalam kriteria
baik.
Kata kunci: identifikasi, kecerdasan interpersonal, anak usia 4-5 tahun
Abstract
This research aims to identify the extent to which the interpersonal intelligence development of 4-5 yearold
children at TK Gugus Sido Mukti, Mantrijeron sub-district, Yogyakarta city. This research is a survey research
with descriptive-quantitative approach. The subjects of this research are 92 students of the A group at TK Gugus
Sido Mukti Mantrijeron sub-district Yogyakarta city. The object of this research is interpersonal intelligence. The
tecnic to obtain data is by using questionnaire and observation. Instrument in this research a questionnaire and
checklist. The data is analyzed using descriptive-quantitative technique. The result shows the interpersonal
intelligence of 4-5 year-old children at TK Gugus Sido Mukti Mantrijeron sub-district Yogyakarta city included in
both criteria.
Keywords: identify, interpersonal intelligence, 4-5 year-old children


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.