KOMUNIKASI SEKOLAH DENGAN ORANGTUA DI TK MINOMARTANI I NGAGLIK SLEMAN

Nesya Ismipradipta Labdhawara,

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan bentuk komunikasi yang digunakan untuk menjalin hubungan antara sekolah dengan orangtua siswa di TK Minomartani I Ngaglik Sleman. Desain penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian deskriptif. Objek penelitian adalah hubungan komunikasi. Subjek penelitian adalah 1orang kepala sekolah, 4 orang guru, dan 18 orangtua siswa TK Minomartani I Ngaglik Sleman. Data penelitian dikumpulkan melalui observasi dan wawancara. Instrumen pengumpulan data menggunakan lembar observasi dan lembar wawancara. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah model Milles dan Huberman yang terdiri dari tiga tahap, yaitu reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ini ialah bentuk komunikasi yang digunakan yaitu komunikasi intrapersonal, komunikasi interpersonal, komunikasi publik, komunikasi massa, dan komunikasi bermedia komputer. Teknik komunikasi yang digunakan yaitu teknik tertulis, teknik lisan, teknik penugasan, komunikasi tidak resmi, dan komunikasi resmi. Di dalam komunikasi terdapat faktor pendukung, faktor penghambat, dan solusi untuk mengatasi faktor penghambat. Manfaat dari berkomunikasi yaitu: jadi lebih akrab, kekeluargaan dan silahturahmi yang baik, bisa mengetahui tentang perkembangan anak, dapat mengetahui program sekolah, dan dapat bekerjasama dengan baik.

 

Kata kunci: komunikasi, sekolah, orangtua


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.