PENGARUH FILM ANIMASI TERHADAP MOTIVASI BELAJAR PADA ANAK TK

Ika Wahyu Wiranti,

Abstract



Abstrak
Penelitian ini bertujuan mengetahui pengaruh penggunaan film animasi terhadap motivasi belajar pada anak
kelompok B TK Islam Tunas Melati Yogyakarta. Penelitian ini menggunakan jenis metode penelitian Kuasi
Eksperimen dengan desain penelitian Nonequivalent Control Group Design. Populasi penelitian ini seluruh anak
kelompok B TK Islam Tunas Melati Yogyakarta, dengan sampel kelas B6 sebagai kelas eksperimen dan B7
sebagai kelas kontrol. Teknik pengumpulan data digunakan adalah observasi. Hasil penelitian menunjukkan
terdapat pengaruh penggunaan film animasi terhadap motivasi belajar pada anak kelompok B TK Islam Tunas
Melati Yogyakarta, hal ini dibuktikan dengan hasil perhitungan uji t diperoleh nilai p 0,00 lebih kecil dari
0,05.
Kata kunci: film animasi, motivasi belajar, taman kanak-kanak.
Abstract
The research aims to know the effect of using animated film on learning motivation of B Group Islam Tunas
Melati Yogyakarta Kindergarten. The research is a Quasi Experimental Method with the Nonequivalent Control
Group Design. The population consist of all children in B Group Islam Tunas Melati Yogyakarta Kindergarten.
The sample consist of B6 as the experimental group and B7 as the control group.The data collected using
observation. The results shows that there were effects of the use of the animated film on learning motivation
of B group Islam Tunas Melati Yogyakarta Kindergarten, indicated by the result of the t-test with p value
0,00 smaller than 0,05.
Keywords: animated film, learning motivation, kindergarten.


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.