PERBEDAAN KINERJA GURU TAMAN KANAK-KANAK YANGBERSERTIFIKAT DAN TIDAK BERSERTIFIKAT PENDIDIK PROFESIONAL SE-KECAMATAN TURI KABUPATEN SLEMAN
Abstract
Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan kinerja guru taman kanak-kanak yang
bersertifikat dan tidak bersertifikat pendidik profesional se-Kecamatan Turi Kabupaten Sleman. Jenis
penelitian ini adalah penelitian kausal komparatif dengan pendekatan kuantitatif. Subjek dalam
penelitian ini adalah guru TK se-Kecamatan Turi, yang terdiri dari 65 guru. Metode pengumpulan data
dilakukan melalui skala dan wawancara tidak terstruktur. Teknik analisis data dilakukan secara
statistik deskriptif dan statistik inferensial. Terdapat 5 aspek kinerja guru dalam penelitian ini yaitu,
kinerja guru dalam mengelola pembelajaran, pengembangan potensi, penguasaan akademik, pemberian
layanan bimbingan pribadi-sosial dan pemberian layanan bimbingan belajar. Berdasarkan hasil
penelitian dan pembahasan dapat disimpulkan bahwa ada perbedaan yang signifikan antara kinerja
guru yang bersertifikat dan tidak bersertifikat pendidik profesional. Kinerja guru yang bersertifikat
pendidik profesional lebih baik dengan perolehan rata-rata sebesar 109,74 sedangkan guru yang tidak
bersertifikat pendidik profesional memperoleh rata-rata sebesar 101,19.
Kata kunci: kinerja guru
Abstract
This study aimed to determine the performance differences of kindergarten teacher who is
certified and non-certified professional educators throughout the District Turi District Sleman.This
study used causal komparatif. Subjects in this study ere 65 teachers in District Turi. Methods of data
collection through carried out interviews and scala. Analysis techniques performed by descriptive
statistics and inferential statistics. There are five aspects of the performance of teachers in this
research, the performance of teachers in managing learning, development potential, academic
mastery, the provision of personal-social counseling services and providing tutoring services. Based
on the result of research and discussion, it can be included that difference in performance between the
teachers of teachers who are already certified professional educators with teachers who are not
certified educators profesional. Professional certified teacher performance was better with the
average about 109.74, while the teachers performance who are not professional certified average
about 101.19.
Keywords: teacher performance
Full Text:
PDFRefbacks
- There are currently no refbacks.