PENGEMBANGAN MEDIA BUKU BERGAMBAR “TANAH AIRKU” UNTUK MENSTIMULASI ASPEK BAHASA ANAK TAMAN KANAK-KANAK
Abstract
Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan media pembelajaran buku bergambar tema tanah airku yang
layak dan sesuai kriteria media pembelajaran anak usia dini khususnya untuk anak TK kelompok B dan mengetahui
keefektifan media buku bergambar untuk menstimulasi aspek bahasa anak. Penelitian ini merupakan penelitian dan
pengembangan (Research and Development) dengan mengadaptasi model penelitian pengembangan Borg & Gall.
Subjek uji coba dalam penelitian ini ialah anak TK kelompok B. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah
wawancara, angket, dan observasi. Sedangkan instrumen yang digunakan adalah pedoman wawancara, angkat dan
pedoman observasi. Hasil penelitan ini adalah (1) sebuah produk media buku bergambar tema “Tanah airku” yang
menstimulasi aspek bahasa anak. Produk yang dihasilkan layak digunakan untuk pembelajaran tema tanah airku
berdasarkan validasi dari ahli media (80,43%) dan ahli materi (89,58%), uji coba lapangan awal, uji coba lapangan
utama dan uji coba lapangan operasional (89,29%), (2) media buku bergambar efektif untuk menstimulasi aspek
bahasa anak berdasarkan hasil t hitung yang lebih besar dari t tabel yaitu nilai t tabel = 2,719 dan t hitung =17,129.
Kata kunci: media buku bergambar, tanah airku, TK
Abstract
This study aims to produce media of picture book with homeland themes which is appropriate with criteria
of early childhood learning media especially for children kindergarten group B and to investigate the effectiveness
of picture book to stimulate aspects of children's language. This study is a research and development (R&D) that
adapts research and development by Borg & Gall. Subjects tested in this study is children kindergarten group B.
Data collection techniques which is used interviews, questioner, and observations. The instruments which are used
interview guidance, questioner and observation guidelines. The results of this research is (1) a product of picture
book with "homeland" theme which stimulate aspects of children's language. This product suitable for use in the
learning theme homeland based validation of media experts (suitable with percentase 80.43%) and materials
expert (suitable with percentase 89.58%) and materials expert (89.58%), preliminary field testing, main field
testing, operational field testing (suitable with percentase 89.29%), (2) media of picture book effective to stimulate
children’s language aspect based result of t hitung more than t tabel that value of t tabel = 2,719 and t hitung =17,129.
Keywords : picture books, homeland, kindergarten
Full Text:
PDFRefbacks
- There are currently no refbacks.