PELAKSANAAN PEMBELAJARAN TAHFIZ AL QURAN PADA ANAK USIA DINI DI TK MUTIARA QURANI BANTUL
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan pelaksanaan pembelajaran tahfiz Al Quran dari aspek perencanaan, kegiatan pembelajaran, dan penilaian hasil belajar tahfiz Al Quran pada kelompok B di TK Mutiara Qurani, Bantul, Yogyakarta. Jenis penelitian ini yaitu deskriptif. Subjek penelitian ini meliputi guru tahfiz kelompok B, kepala sekolah, dan anak kelompok B yang berjumlah 29 anak. Objek penelitian ini pelaksanaan pembelajaran tahfiz Al Quran pada kelompok B. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Data dianalisis menggunakan teknik analisis deskriptif kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan; (1) perencanaan yang dilakukan guru dalam pembelajaran tahfiz Al Quran melalui perencanaan tidak tertulis hasil rapat guru dan perencanaan tertulis dalam Rencana Kegiatan Harian, (2) pelaksanaan kegiatan tahfiz Al Quran dilaksanakan dalam kegiatan kelompok yang mengutamakan penambahan materi baru dan kegiatan tasmi yang mengutamakan pengulangan materi , (3) penilaian dilaksanakan dengan cara mengamati anak secara individual saat mengulang hafalan menggunakan catatan anekdot dan daftar cek.
Kata kunci: pembelajaran, tahfiz Al Quran
Full Text:
PDFRefbacks
- There are currently no refbacks.