PENINGKATAN KEMAMPUAN OPERASI BILANGAN MELALUI BENDA KONKRET DI TAMAN KANAK-KANAK KELOMPOK B
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan operasi bilangan melalui benda konkret di Kelompok B TK TPA Kupu-kupu. Jenis penelitian ini adalah PTK menggunakan desain Kemmis dan Mc Taggart. Subjek penelitian ini adalah anak Kelompok B TK TPA Kupu-kupu dengan jumlah 12 anak. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi dan dokumentasi. Instrumen penelitian menggunakan lembar observasi. Teknik analisis data menggunakan deskripsi kualitatif dan kuantitatif. Indikator keberhasilan dalam penelitian ini apabila minimal 75% dari jumlah anak memperoleh kriteria BSB. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kemampuan mengenal operasi bilangan melalui benda konkret dapat meningkat. Langkah-langkah pembelajaran yang ditempuh adalah: guru menyediakan benda konkret, guru memperlihatkan benda konkret, guru menjelaskan dan memberi contoh, guru membacakan soal operasi bilangan/anak yang membacakan soal, anak menghitung dengan benda konkret, dan anak menyebutkan hasilnya. Hasil kemampuan mengenal operasi bilangan pada Pratindakan sebanyak 25% (MB) meningkat menjadi 50% (BSH) pada Siklus I dan meningkat lagi menjadi 83,33% (BSB) pada Siklus II.
Kata kunci: operasi bilangan,benda konkret, anak kelas B
Full Text:
PDFRefbacks
- There are currently no refbacks.