PELAKSANAAN PEMBELAJARAN SENTRA PEMBANGUNAN DI TK AR RAIHAN BANTUL

Nining Tri Retno Sari,

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan pelaksanaan pembelajaran sentra pembangunan yang diselenggarakan oleh TK Ar Raihan Bantul. Penelitian difokuskan pada pelaksanaan pembelajaran sentra pembangunan. Subjek pada penelitian ini adalah 1 kepala sekolah, 18 guru dan 227 anak. Objek penelitian adalah pelaksanaan pembelajaran sentra pembangunan. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian deskriptif. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara dan studi dokumen. Data-data hasil penelitian diuji kembali keabsahannya dengan menggunakan perpanjangan keikutsertaan, ketekunan pengamatan dan triangulasi. Hasil penelitian menunjukan bahwa pada perencanaan pembelajaran terdiri dariĀ  Program semester, RPPM, dan RPPH. Pelaksanaan pembelajaran sentra pembangunan melalui 4 pijakan bermain yaitu: Pijakan lingkungan main, Pijakan sebelum main, Pijakan saat main, dan Pijakan setelah main. Kegiatan pijakan lingkungan main meliputi; Penataan lingkungan main, penataan alat main berdasarkan jenis kegiatan bermain. Kegiatan pijakan sebelum main meliputi; Penyambutan anak, hafalan, berdoa, bernyanyi, diskusi tema, penjelasan jenis kegiatan dan aturan bermaian. Pelaksanaan pijakan saat main meliputi; anak bermain sesuai minat, guru memberikan bantuan dan motivasi kepada anak, guru melakukan penilaian. Kegiatan pijakan setelah main antara lain; membereskan mainan, duduk melingkar, hafalan, bernyanyi, evaluasi dan doa. Faktor pendukung pelaksanaan pembelajaran adalah guru yang berkompeten dan keaktivan anak dalam pembelajaran, sedangkan faktor penghambat adalah ketersediaan alat main di sentra pembangunan yang masih terbatas.

Kata kunci: pembelajaran AUD, sentra pembangunan


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.