HUBUNGAN KEMAMPUAN BERMAIN BALOK DENGAN KECERDASAN VISUAL-SPASIAL ANAK USIA 5-6 TAHUN DI TKIT RABBANI
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan antara kemampuan bermain balok dengan kecerdasan visual-spasial anak usia 5-6 tahun di TKIT Rabbani. Jenis penelitian menggunakan pendekatan penelitian kuantitatif dengan metode penelitian korelasi. Subjek penelitian sebanyak 50 anak usia 5-6 tahun. Teknik pengambilan data menggunakan teknik observasi. Instrumen yang digunakan berupa lembar observasi. Teknik analisis data menggunakan Teknik Analisis Deskriptif dan Teknik Korelasi Kendal Tau. Hasil penelitian yaitu tidak terdapat hubungan yang signifikan antara kemampuan bermain balok dengan kecerdasan visual-spasial anak usia 5-6 tahun di TKIT Rabbani. Hal ini dikarenakan faktor stimulus kegiatan bermain balok di TKIT Rabbani yang tidak sesuai, seperti durasi waktu bermain, apersepsi dalam pijakan sebelum bermain yang tidak konkret, ketersediaan peralatan sentra balok yang menyebabkan anak berebut ketika bermain balok, serta kurangnya penguatan dari guru sehingga anak tidak termotivasi untuk membuat bangunan balok yang lebih kompleks.
Kata kunci: bermain balok, kecerdasan visual-spasial, anak usia 5-6 tahun
Full Text:
PDFRefbacks
- There are currently no refbacks.