EVALUASI PENERAPAN BEYOND CENTERS AND CIRCLE TIME (BCCT) PADA PEMBELAJARAN KELOMPOK B DI TK AN-NUUR SLEMAN

Dian Wulandari,

Abstract



Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk mengevaluasi dan mengetahui gambaran mengenai penerapan BCCT dalam
pembelajaran kelompok B di TK An-Nuur Sleman. Penelitian ini merupakan penelitian evaluatif dengan
menggunakan model evaluasi discrepancy. Metode pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini ada tiga
macam, yaitu observasi langsung, dokumentasi, dan wawancara. Instrumen pengumpulan data menggunakan
lembar observasi, daftar cocok atau checklist, dan pedoman wawancara. Teknik analisis data yang digunakan dalam
penelitian ini adalah model Milles dan Huberman yang terdiri dari tiga tahap, yaitu reduksi data, penyajian data,
dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa TK An-Nuur melaksanakan pendekatan BCCT
dalam pembelajaran meliputi pemberian pijakan oleh guru kepada peserta didik, pembelajaran dilaksanakan
melalui kegiatan bermain dengan 3 jenis kegiatan main, serta melaksanakan evaluasi perkembangan peserta didik.
Namun masih terdapat beberapa kriteria yang belum terpenuhi atau belum dilaksanakan sehingga diperlukan
perbaikan dalam pelaksanaan pembelajaran. Tingkat kesesuaian penerapan BCCT pada pembelajaran di TK An-
Nuur belum mencapai tingkat kesesuaian maksimal. Seluruh sentra di TK An-Nuur memiliki kategori belum sesuai
dengan skor yang sama yaitu 36.
Kata kunci: evaluasi discrepancy, pembelajaran BCCT, Taman Kanak-kanak
Abstract
This research was aimed to evaluate and know the illustration on BCCT application in Group B learning in TK
(Kindergarten) An-Nuur of Sleman. This was an evaluative research using a Discrepancy evaluation model. This
research setting was in Tk An-Nuur of Sleman. Data gathering method used observation, documentation and
interview. Data gathering instrument used observation sheet, checklist and interview manuals. Data analysis
technique used a Milles and Huberman model. This research results showed that TK An-Nuur performed a BCCT
approach in learning covered providing bases by teachers to learners, learning was performed through 3 playing
activities and also prfrormed evaluation of learner development. However, there were still unfulfilled and
unperformed criteria so that it needed a correction in the learning implementation. The BCCT application
compliance level in TK An-Nuur learning had not achieved a maximum compliance level. All TK An-Nuur centre
had incompliance category with same score of 36.
Keywords: discrepancy evaluation, BCCT learning, kindergarten


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.