PELAKSANAAN PEMBELAJARAN KONTEKSTUAL PENDIDIKAN AGAMA ISLAM UNTUK ANAK USIA 5-6 TAHUN SE-GUGUS 1 KECAMATAN MINGGIR

Ninda Kurniawati,

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan  pembelajaran kontekstual dalam pendidikan agama Islam se-gugus 1 kecamatan Minggir Sleman. Pembelajaran kontekstual dalam pendidikan agama Islam yang terpenting adalah anak memahami makna materi yang diajarkan dengan mengaitkan situasi dunia nyata untuk menghubungkan pengetahuan yang dimiliki dengan penerapan di kehidupan sehari-hari. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dan jenis penelitian deskriptif. Subjek penelitian meliputi guru, anak, dan kepala TK, sedangkan objek penelitian ini adalah pelaksanaan pembelajaran kontekstual pendidikan agama Islam usia 5-6 tahun di TK se-gugus 1 kecamatan Minggir Sleman. Teknik pengumpulan data menggunakan wawancara, observasi, dan studi dokumen. Teknik analisis data yang digunakan yaitu deskriptif kualitatif dengan model analisis interaktif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa seluruh TK se-gugus 1 kecamatan Minggir melakukan perencanaan pembelajaran kontekstual meliputi penulisan standar kompetensi dan penilaian dasar pengenalan pendidikan agama, penentuan indikator pencapaian hasil belajar, penentuan metode, tujuan dan alokasi waktu, penentuan materi dan persiapan mengajar, penentuan alat dan bahan, dan penentuan evaluasi. Satu diantara enam TK di gugus 1 kecamatan Minggir tidak melaksanakan pembelajaran kontekstual pendidikan agama Islam yaitu TK Masyithoh Minggir 1. Dua sekolah tidak melaksanakan penilaian autentik yaitu TK Masyithoh Minggir 1 dan TK ABA Tobayan. Hambatan selama proses pembelajaran meliputi sekolah belum menggunakan RKH berbasis pembelajaran kontekstual, kemampuan guru yang berbeda, kondisi kelas yang kurang kondusif, ada guru yang hanya menilai hasil karya anak, letak geografis yang kurang mendukung.

 

Kata kunci: pembelajaran kontekstual, pendidikan agama islam


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.