PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN INTERAKTIF “BEDAH BERUANG” UNTUK MENGENALKAN KONSEP PENGURANGAN PADA ANAK TK KELOMPOK B

Umi Hartati,

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan media pembelajaran interaktif untuk mengenalkan konsep pengurangan pada anak TK kelompok B. Penelitian ini merupakan jenis penelitian pengembangan yang diadopsi dari model pengembangan Borg and Gall dan peneliti hanya mengikuti 7 langkah dari 10 langkah yang ada. Langkah-langkah tersebut antara lain: 1) penelitian dan pengumpulan data, 2) perencanaan, 3) pengembangan draf produk, 4) uji coba lapangan awal, 5) merevisi hasil uji coba lapangan awal, 6) uji coba lapangan, dan 7) penyempurnaan produk. Subjek uji coba penelitian adalah anak kelompok B TK PKK 51 Terong, Dlingo, Bantul, dengan dua tahap pelaksanaan yaitu uji coba lapangan awal dengan 3 subjek dan uji coba lapangan 16 subjek. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara, dokumentasi, dan angket. Analisis data menggunakan metode deskriptif kuantitatif. Hasil penilaian dari ahli materi mendapatkan skor 4,80 (sangat baik) dan penilaian dari ahli media memperoleh skor 4,38 (sangat baik). Hasil penilaian uji coba lapangan awal mendapatkan persentase 94,4% (layak) dan hasil uji coba lapangan memperoleh persentase 95,3% (layak). Secara keseluruhan media pembelajaran interaktif “Bedah Beruang” layak digunakan sebagai media mengenalkan konsep pengurangan pada TK kelompok B.

 

Kata Kunci: pengembangan, media pembelajaran interaktif, pengurangan


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.