UPAYA MENINGKATKAN KEMAMPUAN MENGENAL BENTUK GEOMETRI MELALUI KOTAK BERGAMBAR PADA ANAK KELOMPOK A TK PKK 57 MUNTUK DLINGO
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan mengenal bentuk geometri melalui kotak bergambar pada anak Kelompok A TK PKK 57 Muntuk. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas. Penelitian ini menggunakan model Kemmis dan Mc Taggart. Subjek penelitian ini adalah 24 anak Kelompok A TK PKK 57 Muntuk yang terdiri dari 12 anak laki-laki dan 12 anak perempuan. Objek dalam penelitian ini adalah kemampuan mengenal bentuk geometri. Pengumpulan data menggunakan metode observasi dan dokumentasi. Analisis data dilakukan secara kuantitatif dan kualititif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kemampuan mengenal bentuk geometri meningkat setelah adanya tindakan melalui kotak bergambar. Peningkatan dilihat dari observasi kondisi awal yaitu sebesar 26.4%. dengan kriteria Mulai Berkembang (MB). Pada Siklus I persentase meningkat sebesar 59.7% dengan kriteria Berkembang sesuai harapan (BSH) dan pada Siklus II mencapai indikator keberhasilan yaitu sebesar 88.9% dengan Kriteria Berkembang sangat Baik (BSB). Hasil penelitian membuktikan bahwa kotak bergambar dapat meningkatkan kemampuan mengenal bentuk geometri.
Kata kunci: mengenal bentuk geometri, kotak bergambar, kelompok A
Full Text:
PDFRefbacks
- There are currently no refbacks.