Studi Kasus Implementasi Pendekatan Saintifik Terhadap Pembelajaran Problem Solving Saat Covid-19 Di TA Salam
Abstract
Tujuan penelitian ini adalah mendeskripsikan implementasi pendekatan saintifik terhadap pembelajaran problem solving pada masa pandemi Covid-19 di TA SALAM Nitiprayan. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif metode studi kasus. Setting penelitian yaitu TA SALAM Nitiprayan. Sumber data penelitian yaitu data primer dan sekunder. Teknik pengumpulan data menggunakan wawancara dan dokumentasi. Analisis data dengan metode Miles & Huberman. Keabsahan data menggunakan triangulasi sumber dan teknik. Hasil penelitian menunjukkan: (1) Perencanaan pembelajaran: pembuatan kurikulum, tema, RPPM dan video; (2) Pelaksanaan pembelajaran: dibuka dengan menyapa dan berdoa, mengirimkan video pembelajaran, dan ditutup dengan terimakasih, berdoa, motivasi, dan tepuk anak hebat; (3) Penilaian pembelajaran: pengamatan orangtua, video/foto kegiatan anak, narasi, homevisit; (4) Media pembelajaran: lingkungan, mudah dicari, non-plastik, whatsapp, zoom, dan video. (5) Langkah implementasi pembelajaran: berdiskusi, mendampingi dan merespon anak, videocall, memfasilitasi minat anak, mengapresiasi, mendengarkan anak, memberikan teladan; (6) Hasil problem solving: penyelesaian konflik dengan teman, eksplorasi situasi, life skills, dan kesepakatan bersama.
Kata kunci: pembelajaran saintifik, problem solving, pembelajaran
Full Text:
PDFRefbacks
- There are currently no refbacks.