Implementasi Pembelajaran Seriasi Ukuran Pada Anak Usia 5-6 Tahun Di TK Aba Sidomulyo I

Dian Sofiafifa, Universitas Negeri Yogyakarta, Indonesia

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan implementasi pembelajaran mengenal seriasi ukuran pada anak usia 5-6 tahun di TK ABA Sidomulyo I selama belajar di rumah. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dan jenis penelitian deskriptif.. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah wawancara dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan teori dari Miles dan Huberman yaitu pengumpulan data, kondensasi data, penyajian data, serta penarikan kesimpulan. Data hasil penelitian diuji kembali keabsahannya menggunakan triangulasi sumber dan triangulasi metode. Hasil penelitian ini menunjukkan: 1) perencanaan pembelajaran harian dibuat guru, kemudian guru memberikan tugas anak selama satu minggu kepada orangtua langsung ketika datang ke sekolah setiap hari Sabtu atau dikirimkan kepada orangtua melalui whatsapp group. 2) Pelaksanaan pembelajaran pengembangan kemampuan mengenal seriasi ukuran diperankan oleh orangtua dengan cara mendampingi dan mendokumentasikan proses kegiatan pembelajaran. 3) Evaluasi dilaksanakan melalui dokumentasi yang dilaporkan oleh orangtua di whatsapp group..

 

Kata kunci: pembelajaran seriasi ukuran, belajar di rumah


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.