Peran Orang Tua Dalam Mengenal Angka Pada Anak Selama Program Belajar Daring
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan peran orang tua dalam kegiatan mengenal angka pada anak usia 4-5 tahun selama program belajar daring di Gugus V Kecamatan Berbah. Aspek yang diuraikan yaitu peran orang tua sebagai pendidik, sebagai pendorong, sebagai panutan, sebagai teman, sebagai pengawas dan sebagai konselor. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kuantitatif dengan teknik pengumpulan data menggunakan angket. Populasi penelitian ini yaitu seluruh TK yang berada dalam lingkup Gugus V Kecamatan Berbah, kemudian diambil sampel sebanyak 3 TK dengan random sampling. Subyek penelitian ini yaitu orang tua/ wali murid anak usia 4-5 tahun. Hasil pengolahan data kemudian disajikan dengan tabel dan grafik. Hasil dari penelitian ini menunjukan bahwa peran orang tua dalam kegiatan mengenal angka pada anak usia 4-5 tahun selama program belajar daring di TK ABA Kadipolo, TK Perintis, dan TK Sukro Krido I yaitu baik dalam aspek peran orang tua sebagai pendidik, sebagai panutan, sebagai pengawas dan sebagai konselor. Selanjutnya cukup baik untuk peran orang tua sebagai teman, dan kurang baik untuk sapek orang tua sebagai pendamping.
Full Text:
PDFReferences
Aji, R. H. S.., 2020. Dampak Covid-19 pada Pendidikan di Indonesia: Sekolah Keterampilan, dan Proses Pembelajaran. Jurnal Sosial & Budaya Syar’i, Vol. 7 (5).
Desmita, 2017. Psikologi Perkembangan Peserta Didik. Bandung: Remaja Rosdakarya.
Kementrian Pendidikan Nasional. (2010). Pedoman Pendidikan Karakter Pada Pendidikan Anak Usia Dini. Jakarta: Direktorat Jenderal Pendiidkan Anak Usia Dini, Nonformal, Dan Informal.
Rasyid H., Mansyur, dan Suratno., 2009. Asesmen Perkembangan Anak Usia Dini. Yogyakarta: penerbit Multi Pressindo.
Sugiyono, 2012. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta, CV.
Sugiyono, 2018. Metode Penelitian Kuantitatif. Bandung: Alfabeta, CV.
Widayati, Tri, 2018. “Peran Orang Tua Dalam Mendidik Anak Perempuan Prespektif Pendidikan Islam”. Skripsi. Fakultas Tarbiyah dan Keguruan. Universitas Islam Negeri Raden Intan Lampung
Refbacks
- There are currently no refbacks.