Implementasi Pembelajaran Penanaman Nilai Moral Pada Anak Usia 4-5 Tahun Di RA Ar-Rafif Kalasan
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan implementasi pembelajaran penanaman nilai moral pada anak usia 4-5 tahun di RA Ar Rafif Kalasan. Dengan pendekatan kualitatif deskriptif. Subjek yaitu guru kelas, kepala sekolah, direktur yayasan dan wali murid. Pengumpulan data yang digunakan yaitu wawancara, observasi dan dokumentasi. Analisis berupa triangulasi sumber dan triangulasi teknik. Hasil menunjukan bahwa: 1) pembelajaran penanaman nilai moral melalui tiga tahap yaitu perencanaan, pelaksanaan dan evaluasi. 2) Perencanaan dengan menyiapkan RPP, media dan kegiatan main. 3) Pembelajaran menggunakan metode pembelajaran bercerita, bermain, bernyanyi, pembiasaan dan teladan. 4) Pembelajaran selama pandemi dilakukan secara daring dan luring dengan menggunakan pendekatan penanaman moral dan klasifikasi nilai dengan alokasi waktu 1-1,5 jam setiap hari 5) Persentase pembelajan baik yaitu 80-90% dengan penilaian berupa hasil karya, Chek list dan catatan anekdot. 6) Kendala yang dialami yaitu pemilihan strategi pembelajaran pada kondisi pandemi dan perlu pembiasaan yang lebih rutin dan berkelanjutan.
Full Text:
PDFReferences
Darmadi, H. (2009). Dasar Konsep Pendidikan Moral. Bandung: Alfabeta.
Gunadi, R.A.A. (2013). Membentuk Karakter Melalui Pendidikan Moral Pada Anak Usia Dini di Sekolah Raudhatul Athfal (RA) Habibillah. Jurnal Ilmiah WIDYA Vol, 1 No. 2 Tahun 2013, 85-91.
Murdiono, M. (2008). Metode Penanaman Nilai Moral Untuk Anak Usia Dini. Jurnal Kependidikan Vol. 38, No. 2, November 2008, 167-186.
Setiawati, F.A. (2006). Pendidikan Moral dan Nilai-nilai Agama Pada Anak Usia Dini: Bukan Sekedar Rutinitas. Paradigma, No. 2, Th. 1, Juli 2006, 41-48.
Solfema, dkk. (2013). Kolokium. Jurnal Pendidikan Luar sekolah. Vol. 1, No.1 Tahun 2013.
Sugiyono. (2017). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.
Suryana, D. (2013). Pendidikan Anak Usia Dini (Teori dan Praktik Pembelajaran). Padang:UNP Press.
Umaroh, A. F. (2020). Implementasi Pengembangan Nilai Agama dan Moral ANAK Usia 5-6 Tahun di TK ABA Labbaik Among Putro III, Kasihan, Bnatul. Skripsi. Dipublikasikan UNY
Wantah, Maria. (2005). Pengembangan Disiplin dan Pembentukan Moral Pada Anak Usia Dini. Jakarta: Departemen Pendidikan Nasional.
Yuliana, L. (2013). Penanaman Nilai-nilai Moral Pada Anak Usia Dini. Majalah WUNY XV Nomer 1, Tahun 2013, 1-10
Refbacks
- There are currently no refbacks.