Pengaruh Bermain Konstruktif Terhadap Kreativitas Anak Kelompok B Usia 5-6 Tahun Di Gugus VII Kecamatan Sleman, Yogyakarta

Septiayuastuti Septiayuastuti, Universitas Negeri Yogyakarta, Indonesia
Nurul Arifiyanti, Universitas Negeri Yogyakarta, Indonesia
Cahya Arthameivia, Universitas Negeri Yogyakarta, Indonesia

Abstract


Tujuan penelitian ini adalah mendeskripsikan pengaruh bermain konstruktif terhadap kreativitas anak usia 5-6 tahun. Penelitian menggunakan pendekatan kuantitatif dengan teknik pengambilan sampel cluster random sampling. Data dikumpulkan melalui observasi dan dianalisis menggunakan analisis deskriptif serta regresi linear sederhana. Hasil penelitian menunjukkan bahwa bermain konstruktif berpengaruh positif dan signifikan terhadap kreativitas anak. Besarnya pengaruh ditunjukkan oleh nilai kontribusi sebesar 0,648, yang berarti bermain konstruktif memberikan pengaruh sebesar 64,8% terhadap kreativitas anak. Selain itu, hasil di atas juga dikuatkan oleh uji hipotesis dengan menggunakan software SPSS v.24 for windows bahwa pada variabel bermain konstruktif diperoleh nilai t-hitung = 9,497 > 2,0095 = t-tabel dan Sig. = 0.00 < 0,05, maka Ho ditolak dan Ha diterima. Oleh sebab itu, terdapat pengaruh antara bermain konstruktif terhadap kreativitas anak kelompok B usia 5-6 tahun  di Gugus VII Kecamatan Sleman.

Full Text:

PDF

References


Astriya, B.R.I. & Kuntoro, Sodiq Aziz. (2015). Pengembangan Kreativitas dan Minat Belajar Anak Usia 3-4 Tahun Melalui Permainan Konstruktif. Jurnal Pendidikan dan Pemberdayaan Masyarakat, 2(2), 134. doi:10.21831/jppm.v2i2.6329

Berk, L. E., & Meyers, A. B. (2013). The role of make-believe play in the development of executive function. American Journal of Play, 6(1), 98–110. https://www.journalofplay.org/sites/www.journalofplay.org/files/pdf-articles/6-1-article-the-role-of-make-believe-play.pdf

Damayanti, D. (2018). Senang dan Bahagia Menjadi Guru PAUD. Yogyakarta: Araska.

Garaigordobil, M. (2006). Intervention in creativity with children aged 10 and 11 years: Impact on personality variables and the creative process. Creativity Research Journal, 18(3), 329–345. https://doi.org/10.1207/s15326934crj1803_7

Kodsi, R. M. (2020). The impact of constructive play in different preschool environments on early childhood creativity. International Journal of Early Childhood, 52(3), 289–306. https://doi.org/10.1007/s13158-020-00264-2

Li, H., Hestenes, L. L., & Wang, Y. C. (2020). Links between block play and the development of spatial skills: A systematic review. Early Childhood Education Journal, 48(5), 585–595. https://doi.org/10.1007/s10643-020-01035-0

Oostermeijer, M., Boonen, A. J. H., & Jolles, J. (2014). The association between visual–spatial skills and mathematical performance in preadolescents: A cross-sectional study. Frontiers in Psychology, 5, 1–10. https://doi.org/10.3389/fpsyg.2014.00082

Rocmah, L. I. (2017). Prosiding Seminar Nasional Pendidikan : Tema “Desain Pembelajaran di Era Asean Economic Community (AEC) untuk Pendidikan Indonesia Berkemajuan” Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Muhammadiyah Sidoarjo. ISBN 978-602-70216-2-4. Retrieved from http://eprints.umsida.ac.id/id/eprint/332

Siew, C. S. Q., & Chong, S. C. (2014). A novel method for assessing children’s divergent thinking abilities: The Divergent Mouse Trap task. Thinking Skills and Creativity, 14, 23–31. https://doi.org/10.1016/j.tsc.2014.06.002

Sit, Masganti. (2016). Pengembangan Kreativitas Anak Usia Dini. Medan: Perdana Publishing.

Sugihartono, dkk. (2013). Psikologi Pendidikan. Yogyakarta: UNY Press.

Sujiono, Yuliani Nurani. (2013). Konsep Dasar Pendidikana Anak Usia Dini. Jakarta: PT Indeks.

Susanto, A. (2011). Perkembangan Anak Usia Dini. Jakarta: Kencana Prenada.]

Ulandari, V., dkk. (2018). Meningkatkan Kemampuan Mengklasifikasi Melalui Bermain Konstruktif Sifat Padat. Jurnal Ilmiah Potensia, 2018, Vol. 3 (1), 72-77. doi:10.33369/jip.3.2.127-132

Vebianti, I. N. (2013). Meningkatkan Kreativitas Anak Melalui Permainan Konstruktif pada Siswa Kelompok B2 di RA Sunan Pandanaran Tahun Ajaran 2012/2013. Skripsi. Yogyakarta: Pendidikan Pra Sekolah dan Sekolah Dasar Universitas Negeri Yogyakarta. Retrieved from http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/15422

Yus, Anita. (2015). Penilaian Perkembangan Belajar Anak Taman Kanak-kanak. Jakarta: Kencana.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.