Nilai-Nilai Karakter Anak Usia Dini Dalam Film Animasi Adit Dan Sopo Jarwo

Deci Amanda T, Universitas Negeri Yogyakarta, Indonesia
Nurul Arifiyanti, Universitas Negeri Yogyakarta, Indonesia
Reni Septyaningsih, Universitas Negeri Yogyakarta, Indonesia

Abstract


Karakter merupakan fondasi bagi anak untuk tumbuh dan berkembang menjadi pribadi yang unggul dan berkompeten. Akan tetapi karakter anak di era teknologi mengalami berbagai tantangan karena konten dari penggunaan media yang tidak sesuai dengan usianya. Oleh karena itu penelitian ini bertujuan untuk mengetahui nilai-nilai pendidikan karakter anak usia dini yang terdapat dalam serial animasi Adit dan Sopo Jarwo. Penelitian ini menggunakan metode analisis isi (content analysis). Sumber data dalam penelitian ini adalah film animasi Adit dan Sopo Jarwo yang diunduh dari saluran YouTube Cerdas Berkarakter Kemendikbud RI. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa pada film animasi Adit dan Sopo Jarwo terdapat nilai-nilai pendidikan karakter anak usia dini. Nilai-nilai pendidikan karakter disajikan melalui berbagai adegan dan percakapan. Adapun beberapa nilai-nilai Pendidikan karakter yang ditemukan dalam film animasi Adit dan Sopo Jarwo yang berjudul (Mandiri Jadi Solusi) yaitu: 1) religius; 2) kerja keras; 3) mandiri; 4) komunikatif; 5) peduli sosial; dan 6) tanggung jawab.


Full Text:

PDF

References


Artawan. 2010. Media Animasi. Yrama Widya. Jakarta: Basyirun

Asih. Lebih dari Menghibur ini dia Sifat Menonton Film. Kompas com. https://lifestyle.kompas.com/read/2018/10/23/110406120/lebih-dari-menghibur-ini-dia-manfaat-positif-menonton-film. Diakses pada tanggal 12 Desember 2023

Bagong Suyanto, Sutinah. 2010. Metode Penelitian Sosial: Berbagai Alternatif Pendekatan. Jakarta: Kencana Prenada Group

Bungin, M. Burhan. 2011. Penelitian Kualitatif, Komunikasi, ekonomi, Kibijakan Puiblik, dan Ilmu Sosial Lainnya. Jakarta: Kencana Prenada Media

Cinantya, I. D. A. S., Sudarma, I. K., & Tika, I. W. (2024).

Penguatan karakter anak usia dini berbasis nilai religius dan moral.

Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini Undiksha, 12(1), 37–45.

https://doi.org/10.23887/paud.v12i1.63441

Cunha, J., Heckman, J., & Schennach, S. (2021).

Estimating the Technology of Cognitive and Noncognitive Skill Formation.

Econometrica, 78(3), 883–931.

https://doi.org/10.3982/ECTA6551

Farantika, D., Hidayah, C., & Rachmah, L. L. (2023). Pembentukan karakter bagi anak usia dini di lingkungan sekolah dan masyarakat. https://doi.org/10.28926/bocil.v1i1.725

Fauziati, E., , M., , S., Saputro, D., Afianto, D., Sabardila, A., & Santoso, T. (2020). Character Education Values in Revised Edition of the Indonesian Language Learning Curriculum for Year 10. Universal Journal of Educational Research, 8, 417-424. https://doi.org/10.13189/ujer.2020.080212.

Gentile, D. A., Coyne, S. M., & Walsh, D. A. (2011). Media violence, physical aggression, and relational aggression in school age children: A short-term longitudinal study. Aggressive Behavior, 37(2), 193–206. https://doi.org/10.1002/AB.20380

Hidayatulloh, M. A. (2017). Nilai-Nilai Pendidikan Karakter untuk Anak Usia Dini dalam Film “Adit & Sopo Jarwo”. ThufuLA: Jurnal Inovasi Pendidikan Guru Raudhatul Athfal, 5(1), 42–57. https://doi.org/10.21043/thufula.v5i1.2345

Isjoni, H., & Jannah, R. (2023).

Penerapan nilai gotong royong pada anak melalui kegiatan belajar berbasis proyek.

Jurnal Pendidikan Karakter, 13(2), 223–234.

https://doi.org/10.21831/jpk.v13i2.59444

Laksono, Sonny. 2013. Penelitian Kualitatif Ilmu Ekonomi dari Metodologi ke Metode. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada

Maleong, Laxy. 2007. Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: Remaja Rosda Karya

Mulyono, H., Pratama, Y. P., & Septiarti, Y. (2021).Pendidikan karakter religius anak melalui pembiasaan dalam lingkungan keluarga. Jurnal Obsesi: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 5(2), 1327–1335. https://doi.org/10.31004/obsesi.v5i2.811

Najwa, A. N., & Barus, K. U. (2023). Analysis of Ethical and Moral Values in Upin and Ipin Children’s Cartoon Film. International Journal of Students Education, 1(2), 253–256. https://doi.org/10.62966/ijose.v1i2.422

Padli, E., Hajimia, H., & Taisir, M. (2024). Islamic Educational Values in Contemporary Cartoons: Upin & Ipin. Jurnal Penelitian Keislaman, 20(1), 45–62. https://doi.org/10.20414/jpk.v20i1.10358

Setiawan, B., Zulela, M., Neolaka, A., & Iasha, V. (2022). How is the Education Character Implemented? The Case Study in Indonesian Elementary School. Journal of Educational and Social Research. https://doi.org/10.36941/jesr-2022-0029.

Shaker, Z. (2023). Animation and its psychological implications for children. Journal of Humanities and Social Sciences Research. https://doi.org/10.33687/jhssr.001.03.0165.

Siswantara, I. G. P., & Supriyadi, I. W. (2024). Penguatan karakter religius dalam Pembelajaran tematik di sekolah dasar.

Jurnal Pendidikan Karakter, 14(1), 1–11.

https://doi.org/10.21831/jpk.v14i1.57800

Soehartono, Irawan. 2011. Metode Penelitian Sosial: Suatu Teknik Penelitian Bidang Kesejahteraan Sosial Dan Ilmu Sosial Lainnya. Bandung: PT Remaja Rosda Karya

Strasburger, V. (2002). Children, Adolescents, and the Media. Pediatrics, 132, 958 - 961. https://doi.org/10.1542/peds.2013-2656.

Sun, Y., Wang, L., Wu, C., Yin, W., Cohen, J., Hu, D., Piven, J., Hung, S., Li, G., Lin, W., Zhu, H., Woodburn, M., Li, T., Cho, S., Gui, Y., Elison, J., & Wu, Z. (2025). Charting brain functional development from birth to 6 years of age.. Nature human behaviour. https://doi.org/10.1038/s41562-025-02160-2.

Sutiyani, F., Adi, T. T., & Meilanie, R. S. M. (2021). Nilai-Nilai Pendidikan Karakter pada Film Adit dan Sopo Jarwo Ditinjau dari Aspek Pedagogik. Jurnal Obsesi: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 5(2), 2201–2210. https://doi.org/10.31004/obsesi.v5i2.1133

Tsauri, Sofyan. 2015. IAIN Jember Press Pendidikan Karakter: Peluang Dalam Membangun Karakter Bangsa. Pertama. ed. Ahmad Mutahor. Jember.

Wahyuni, Akhtim. 2021. Pendidikan Karakter: Membentuk Pribadi Positif Dan Unggul Di Sekolah. Pertama. ed. Eni Fariyatul Fahyuni. Sidoarjo: UMSIDA PRESS.

Williamson, R. A. (2015). Imitation during Infancy and Early Childhood (pp. 621–627). https://doi.org/10.1016/B978-0-08-097086-8.23165-6

Woodard, E., & Mares, M. (2005). Positive Effects of Television on Children's Social Interactions: A Meta-Analysis. Media Psychology, 7, 301 - 322. https://doi.org/10.1207/S1532785XMEP0703_4.

Yuniati, N. I. D., & Chudari, I. N. (2021). Analisis Nilai-Nilai Karakter Dalam Animasi Riko The Series. Didaktika: Jurnal Kependidikan, 1(3), 136–145. https://doi.org/10.17509/didaktika.v1i3.38109


Refbacks

  • There are currently no refbacks.