UPAYA MENINGKATKAN KEMAMPUAN MEMBACA PERMULAAN MELALUI PERMAINAN BOLA HURUF PADA ANAK KELOMPOK A2 DI TK MASJID SYUHADA YOGYAKARTA

Ermi Sumardiyatun,

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan membaca permulaan melalui permainan bola huruf pada anak Kelompok A2 TK Masjid SyuhadaYogyakarta. Permainan dengan menggunakan bolah huruf dipilih karena bola merupakan media permainan yang sudah dikenal anak dan disukai anak. Jenis penelitian adalah penelitian tindakan kelas (PTK) yang dilakukan secara kolaboratif antara peneliti dan guru kelas. Subjek penelitian adalah anak Kelompok A2 TK Masjid Syuhada Yogyakarta, sejumlah 11 anak. Objek penelitian adalah kemampuan membaca permulaan. Pengumpulan data dilakukan melalui observasi dan dokumentasi. Data penelitian dianalisis secara deskriptif kuantitatif dan kualitatif dengan indikator keberhasilan 80%. Hasil penelitian menunjukkan bahwa permainan bola huruf  dapat meningkatkan kemampuan membaca permulaan pada anak. Hal tersebut terbukti dengan adanya  peningkatan kemampuan membaca permulaan pada anak sebesar 6,57% dari pra tindakan 52,44% menjadi 59.01% dengan kurang  pada siklus I. Peningkatan sebesar 23,89% dari siklus I sebesar 59,01% menjadi 82,90% pada siklus II dengan kriteria baik. Permainan bola huruf dilakukan dengan cara menstimulasi anak dalam mengenal huruf, mengenal suku kata, mengenal kata, mengenal hubungan antara huruf dengan bunyi huruf, kewajaran lafal bunyi, intonasi bunyi, kelancaran bunyi, kejelasan bunyi, ketepatan bunyi. Bentuk permainan bola huruf yang dilakukan adalah mengelompokkan bola huruf,  kocok kotak kubus, dan memancing bola huruf.

 

 

Kata kunci : kemampuan membaca permulaan, permainan bola huruf


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.