PENGGUNAAN METODE BERCERITA DENGAN MEDIA WAYANG PERCA UNTUK MENINGKATKAN PENGETAHUAN MORAL ANAK KELOMPOK B3 DI TK PKK SENDANGAGUNG MINGGIR SLEMAN
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan pengetahuan moral anak Kelompok B3 di TK PKK Sendangagung Minggir Sleman menggunakan metode bercerita dengan media wayang perca. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian tindakan kelas kolaboratif. Subjek penelitian ini adalah 15 anak Kelompok B3 di TK PKK Sendangagung. Objek penelitian ini adalah pengetahuan moral. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi dan catatan lapangan. Analisis data yang digunakan adalah deskriptif kualitatif dan kuantitatif, dengan indikator keberhasilan sebesar 80% dari 15 anak yaitu 12 anak yang mencapai kriteria baik. Hasil dari penelitian ini adalah metode bercerita dengan media wayang perca dapat meningkatkan pengetahuan moral anak Kelompok B3 di TK PKK Sendangagung. Tahapan tindakan yang dilakukan antara lain: (1) Menyiapkan cerita, tokoh wayang perca, properti dan pengkondisian anak; (2) Tokoh wayang perca dan properti dimanfaatkan untuk menyampaikan pesan moral melalui bercerita, anak dilibatkan dalam proses tanya jawab dan pemberian kesempatan memerankan wayang perca; dan (3) Guru memberikan reward sebagai penguatan pada anak. Keberhasilan penelitian ini adalah sebagai berikut: (1) Pra Tindakan terdapat 5 anak (33,33%) yang mencapai kriteria baik, (2) Siklus I terdapat 1 anak (06,67%) yang mencapai kriteria sangat baik dan 9 anak (90%) mencapai kriteria baik, (3) Siklus II terdapat 7 anak (46,67%) yang mencapai kriteria sangat baik dan 5 anak (33,33%) yang mencapai kriteria baik.
Kata kunci: metode bercerita, wayang perca, pengetahuan moral anak.
Full Text:
PDFRefbacks
- There are currently no refbacks.