PENINGKATAN KEMAMPUAN MENGENAL ANGKA 1-10 MELALUI FLIP CHART PADA ANAK KELOMPOK A1 TK KEMALA BHAYANGKARI 91 KECAMATAN KALASAN KABUPATEN SLEMAN

Novita Widyandari,

Abstract


Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan kemampuan mengenal angka menggunakan flip chart pada
anak Kelompok A1 di TK Kemala Bhayangkari 91 Kecamatan Kalasan Kabupaten Sleman. Jenis penelitian ini
merupakan Penelitian Tindakan Kelas kolaboratif. Subjek dalam penelitian ini adalah 19 anak Kelompok A1 TK
Kemala Bhayangkari Kalasan dengan usia 4-5 tahun. Teknik pengumpulan data menggunakan lembar observasi
berbentuk check list. Teknik analisis data dilakukan secara deskriptif kuantitatif. Kriteria keberhasilan penelitian ini
yaitu rata-rata persentase kemampuan membilang anak Kelompok A1 sebesar ≥76. Hasil penelitian ini
menunjukkan rata-rata kemampuan mengenal angka anak meningkat menjadi 86. Kemampuan anak dalam
mengenal angka menggunakan flip chart pada Pretest memperoleh rata-rata persentase sebesar 24 dan meningkat
pada Siklus I menjadi 40 kemudian kembali meningkat pada Siklus II dengan memperoleh rata-rata persentase
sebesar 86 sehingga mencapai kriteria keberhasilan yang diinginkan. Prinsip-prinsip yang dilakukan untuk
meningkatkan kemampuan mengenal angka pada anak Kelompok A1 adalah: 1) Guru menyiapkan peserta didik
dan membagi menjadi beberapa kelompok, 2) tiap kelompok terdiri dari 6-7 anak, 3) guru mengenalkan dan
menjelaskan mengenai flip chart yang akan digunakan, 4) tiap kelompok diberi satu flip chart, 5) anak diminta
untuk mencari angka-angka yang telah disebutkan guru serta menempelkan dengan urut potongan kertas berisi
angka pada lembar flip chart yang telah disediakan, 6) anak diberikan kesempatan maju kedepan untuk
menunjukkan kemampuan mengenal angka menggunakan flip chart. Dengan demikian flip chart efektif untuk
mengenalkan angka.

Kata kunci: kemampuan mengenal angka, flip chart, Taman Kanak-kanak


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.